12 Tips Bisnis Bagi Pebisnis Pemula – Legalisasi
EnglishIndonesian

12 Tips Bisnis Bagi Pebisnis Pemula

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Sobat legal seorang pebisnis pastinya mempunyai cita-cita yang besar setinggi langit. Mimpi-mimpi tersebut akan menjadi kenyataan yang terwujud jika dikerjakan secara sungguh-sungguh. Bagi sebagian orang hal ini bukanlah perkara mudah namun bagi seorang pebisnis yang tangguh hal tersebut adalah hiasan perjalanan bisnis yang akan menjadi suatu sejarah bagi suatu perusahaan jika ia sukses dan berhasil meraih tujuan utama perusahaan tersebut.

Untuk itu kita sebagai pengusaha harus mempunyai langkah langkah untuk mencapai kesuksesan tersebut. Perlu tips dan langkah tersendiri agar kita sebagai pengusaha terus dapat termotivasi dalam melakukan kegiatan bisnis.

Baiklah Sobat Legal berikut adalah beberapa langkah/tips yang dapat dilakukan bagi pebisnis pemula yang ingin memulai bisnis dari awal :

  1. Mental Block

Sebagai seorang pebisnis pemula kita harus menghilangkan mental block sehingga kita sebagai pebisnis dapat mempunyai keyakinan penuh terhadap bisnis yang sedang di jalankan. Beberapa contoh mental block diantaranya adalah : takut gagal, malas, tidak berani mencoba hal baru, suka menunda, ragu, perasaan tidak mampu, perasaan tidak berharga, tidak percaya diri.

Singkirkan semua perasaan tersebut karena perasaan tersebut hanya akan menjadi batu ganjalan di perjalanan menuju sukses. Tetap fokus pada tujuan dan hasil yang ingin dicapai.

  1. Tetapkan Bidang Usaha Yang Akan Digeluti

Menentukan bidang usaha yang tepat sangatlah penting didalam memulai bisnis. Bidang usaha berkaitan erat dengan model bisnis yang akan dijalankan nantinya. Terkadang kita bingung ingin menggeluti bisnis di bidang apa sehingga fokus perusahaan tidak tertuju pada satu bidang usaha. Padahal sebaiknya perusahaan kita fokuskan pada satu bidang usaha yang paling kita kuasai baik secara skill dan keilmuannya. Kemudian setelah itu kita buat bisnis model canvas sehingga kita tahu apa saja faktor faktor penentu dalam sebuah bisnis model yang diantaranya adalah :

customer segments (segmen pelanggan), value propositions (proposisi nilai), channels (jaringan), customer relationships (hubungan pelanggan), revenue streams (arus pendapatan), key resources (sumber daya kunci), key activities (aktivitas kunci), key partnerships (mitra kunci), dan cost structure (struktur biaya)

  1. Financial Planner

Tentukan perencanaan keuangan yang matang sedari awal memulai bisnis. Bedakan dengan jelas mana uang yang termasuk ke dalam keuangan pribadi dan keuangan perusahaan. karena apabila sumber keungan ini tercampur maka kita akan sulit mencatat neraca rugi laba perusahaan. Selain itu tentukan dnegan cermat perencanaan keuangan untuk 6 bulan sampai 12 bulan kedepan. Rancang pengeluaran yang tepat yang berpengaruh terhadap peningkatan keuntungan perusahaan. Jangan belanjakan barang-barang yang ternyata tidak meningkatkan kualitas dan kuantiti produksi perusahaan

  1. Tetapkan Visi dan Misi Perusahaan

Visi perusahaan adalah tujuan apa yang hendak dicapai oleh perusahaan baik itu merupakan cita-cita yang ingin di capai si pendiri atau cita-cita si pendiri yang manfaatnya akan dirasakan oleh masyarakat banyak. Setelah visi lengkap terangkum maka dilanjutkan dengan penentuan misi perusahaan yaitu cara untuk mewujudkan visi yang telah kita tentukan dari awal

  1. Buat To Do List secara disiplin

Disiplin lah pada tahapan kerjaan yang harus dilakukan. Buat tahapan kerja harian (to do list) yang harus dilakukan dari hari ke hari. Buatlah daftar pekerjaan dengan skala prioritas dari angka 1 sampai 10 dan kerjakan secara fokus dan konsisten.

Dari catatan tersebut jadikan review bulanan untuk diri sendiri maupun dengan team sehingga kita tahu progres/perkembangan bisnis yang akan dijalankan sedari awal

  1. Tidak cukup plan A saja

Selalu ciptakan rencana cadangan / back up plan. Dengan kata lain selalu sediakan plan b setelah plan a tercipta. Dengan adanya plan b maka secara manajemen waktu tidak akan terbuang sia-sia jika plan a tidak berhasil. Sebagai contoh kita merencanakan plan A untuk mengendorse influencer sebagai digital marketing kemudian untuk plan b kita menyiapkan strategi instagram ads  jika plan a tidak berhasil meningkatkan penjualan produk.

  1. Rutin melakukan evaluasi team dan kinerja perusahaan

Selalu melakukan evaluasi terhadap team dan kinerja perusahaan perlu dilakukan minimal satu bulan sekali. Dengan melakukan evaluasi terhadap kinerja perusahaan maka akan terurai problem utama yang akan menjadi penghambat laju perkembangan perusahaan. bicarakan dengan team agar bisa mendapatkan ide atau gagasan sebagai jalan keluar bersama untuk mengatasi masalah tersebut.

  1. Perbaiki Kapasitas Diri dan Perbanyak Ilmu Bisnis

Perkembangan jaman yang begitu cepat menuntut kita harus selalu update dengan ilmu bisnis. Banyak tersaji ilmu bisnis baik yang gratis atau pun berbayar. Seperti halnya digital marketing sobat legal dapat belajar dan menimba ilmu di BC Talks Channel pada kanal youtube. Disana disajikan ilmu digital marketing free tanpa bayar. Jika sobat legal ingin lebih expert sobat legal dapat mengikuti online course pada berbayar  di : https://course.billionairecoach.co.id/courses/detail/dewa-selling

  1. Modal usaha

Yah betul usaha sangat diperlukan untuk memulai bisnis namun hal ini bukan modal utama untuk memulai bisnis. Modal usaha bisa juga didapatkan atas rasa kepercayaan yang tinggi dari pelanggan kepada kita. Sebagai contoh seorang pelanggan bisa saja meminta kita untuk mencarikan sebuah motor seken yang bagus untuk dipakai aktivitas bekerja. Atas pesanan tersebut kita mencarikan motor yang sesuai dengan yang diinginkan pelanggan. Setelah motor didapat dan sesuai dengan keinginan pelanggan maka kita akan mendapat fee atas jasa mencarikan motor tersebut. Hal ini lazim dikenal dengan istilah broker. Yah terkadang modal usaha tidak mutlak diperlukan untuk merintis usaha.

  1. Perbanyak Silaturahmi

Banyak orang bilang dengan memperbanyak silaturahmi maka akan terbuka peluang rezeki yang lebih banyak. Temuilah orang baru minimal satu minggu sekali sehingga nantinya akan terbuka jaringan network yang luas dalam lingkup perteman bisnis kita. Dan bukan tidak mungkin orang baru yang kita temui akan menjadi pelanggan setia kita.

  1. Perkuat Branding Perusahaan

Dari awal perusahaan berdiri tancapkan dalam otak /mindset bahwa perusahaan ini akan menjadi sesuatu yang besar di kemudian hari. Untuk itu maka perkuat branding perusahaan baik dari segi kemasan produk ,tampilan website, tampilan toko offline, desain gambar di social media dan lain-lain. Dengan memperkuat branding perusahaan maka merek dan keunggulan produk kita akan semakin dikenal dan melekat kuat di masyarakat. Well pada akhirnya orang akan membeli merek sebagai pertimbangan nomor satu dan keunggulan produk menjadi pertimbangan nomor 2.

  1. Legalitas dan Izin usaha

Sobat legal untuk memulai bisnis urusan legalitas dan perizinan usaha tidak boleh dikesampingkan. Terkadang karena menyepelekan urusan legalitas berakibat munculnya masalah hukum di kemudian hari dan menimbulkan kerugian yang begitu besar. Sebagai contoh si A memulai bisnis impor kosmetik dari china untuk dijual kembali di Indonesia. Setelah mengorder sejumlah barang dan sampai di Indonesia ternyata barangnya tersebut tertahan di bea cukai dan menjadi penyelidikan polisi. Ternyata si A tidak megurus izin import dan izin edar untuk barang kosmetik tersebut. Sehingga menurut pejabat yang berwenang barang tersebut dikategorikan sebagai barang ilegal. Akhirnya barang tersebut disita oleh pemerintah dan tidak dapat dijual di Indonesia. Well sobat legal dapat bayangkan berapa kerugian yang harus diderita oleh Si A tersebut atas tertahannya barang impor tersebut.

Baiklah sobat legal itulah 12 tips penting yang dapat dijadikan acuan untuk memulai bisnis bagi pemula. Tetapah semangat didalam membangun bisnis. Untuk pengurusan izin usaha dan legalitas perusahaan sobat legal dapat menghubungi kami di 0818 0811 7271

Jika sobat legal ingin melakukan pendirian Koperasi, PT, CV dan badan hukum lainnya  yang aman, cepat dan  mudah maka segera hubungi kami di 0818 0811 7271.

Legalisasi.com jasa pendirian PT dengan syarat pembuatan PT yang mudah “One Stop Bussiness Solution”

 

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

4 Tips Cerdas Bagi Trader Cryptocurrency Pemula

Sobat legal dunia block chain dalam format Cryptocurrency dalam setahun belakangan ini menunjukkan pertumbuhannya yang begitu pesat. Terbukti dari peningkatan jumlah kurs bitcoin yang mencapai

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch