Penjelasan mengenai Kelemahan dan Kelebihan PT Perorangan – Legalisasi
EnglishIndonesian

Penjelasan mengenai Kelemahan dan Kelebihan PT Perorangan

Kelebihan dan Kekurangan PT Perorangan

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

PT perorangan sudah resmi dapat didirikan sejak bulan september 2021 ini. Banyak silang pendapat terjadi pada pendirian PT perorangan. Sebenarnya konsep PT perorangan telah banyak dianut di beberapa negara sebagai contoh Di Amerika Serikat, Kanada, dan Singapura menyebut perseroan perorangan dengan Sole Proprietorship, sementara di Inggris disebut dengan Sole Trader dan Di Vietnam dikenal dengan nama Private Enterprise serta Belanda dikenal dengan Eenmanszaak. Perlu dicermati terdapat konsekuensi hukum yang sangat berbeda antara PT perorangan dengan PT Perseroan Terbatas yaitu karena tidak ada pemisahan kekayaan pribadi dan perusahaan maka tanggung jawab yang dibebankan kepada pemilik perseroan meliputi seluruh kekayaan pribadinya termasuk istri/suaminya jika sudah menikah.

Berdasarkan Undang-undang No.11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja mengubah pengertian tentang PT menjadi “Perseroan Terbatas, yang selanjutnya disebut Perseroan, adalah badan hukum yang merupakan persekutuan modal, didirikan berdasarkan perjanjian, melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang seluruhnya terbagi dalam saham atau Badan Hukum perorangan yang memenuhi kriteria Usaha Mikro dan Kecil sebagaimana diatur dalam peraturan perundangundangan mengenai Usaha Mikro dan Kecil.

Kemudian menjadi catatan penting pemegang saham pada PT perorangan hanya dapat dimiliki oleh perorangan dan tidak boleh badan hukum. Kemudian berkaitan dengan kapasitas maximum pendirian PT Perorangan adalah Satu orang hanya dapat mendirikan satu PT Perorangan katagori UMK dalam satu tahun.”

pemegang saham pada PT Perorangan dimiliki oleh perorangan. Dalam arti Pemilik saham PT Perorangan tidak boleh berbentuk badan hukum. Hal ini Merujuk Pasal 153E UU Cipta Kerja, “Pemegang saham pada PT untuk katagori UMK adalah orang perseorangan, tidak boleh badan hukum.  Satu orang hanya dapat mendirikan satu PT Perorangan katagori UMK dalam satu tahun.”

Sebagai bahan pertimbangan bagi sobat legal untuk menentukan apakah akan memilih PT perorangan atau PT Perseroan terbatas dengan minimal 2 orang pendiri maka mari kita simak kelebihan dan kekurangan Perusahaan Perseorangan.

Kelebihan Perusahaan Perseorangan

  1. Pengenaan pajak untuk Usaha Perseorangan berbeda dengan PT atau Firma
  2. Karena didirikan oleh hanya satu orang maka dari segi sumber daya manusia tidak membutuhkan karyawan yang banyak dan control manajemen dapat dilakukan secara cepat dan efisien.
  3. Pengambilan keputusan dapat dilakukan secara cepat karena pengambilan keputusan hanya di serahkan kepada satu orang dan bukan rapat umum pemegang saham.
  4. Birokrasi dan administrasi pendirian PT Perorangan terbilang simpel dan cepat.
  5. besaran modal dasar perseroan ditentukan berdasarkan keputusan pendiri perseroan berbeda dengan PT perseroan terbatas modal dasar ditentukan minimal 5O juta rupiah.

Kelemahan Perusahaan Perseorangan

  1. Pemilik bisnis memiliki tanggung jawab yang tidak terbatas.
  2. Sumber modal hanya berasal dari pendiri PT ,sumber modal tidak dapat berasal dari investor luar karena modal tersebut tidak dapat dikonversi sebagai saham.
  3. Karena dilakukan seorang diri sering kali PT perorangan akan merasa kewaalahan jika terjadi banjir orderan atau permintaan produksi yang meningkat.
  4. Kelangsungan Kinerja perseroan sangat tergantung dari KPI sang pendiri sehingga jika pendiri gagal dalam menjalankan roda perusahaan maka kelangsungan usaha tidak akan berlangsung lama.

Jika sobat legal ingin melakukan pendirian Koperasi, PT, CV dan badan hukum lainnya  yang aman, cepat dan  mudah maka segera hubungi kami di 0818 0811 7271.

Legalisasi.com jasa pendirian PT dengan syarat pembuatan PT yang mudah “One Stop Bussiness Solution”

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Meperingati Hari anak sedunia
Inspiratif

Memperingati Hari Anak Sedunia

Sobat legal The International Day for Protection of Children (Hari Internasional untuk Perlindungan Anak-anak) dirayakan di banyak negara sebagai Hari Anak pada 1 Juni sejak 1950.

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch