3 Skill Yang Wajib Dipunyai Team Divisi Legal Perusahaan
EnglishIndonesian

3 Skill Yang Wajib Dipunyai Team Divisi Legal Perusahaan

Legal Perusahaan

Share This Post

Sobat legal selayaknya perusahaan yang melakukan scale up tentunya memiliki divisi legal yang wajib mengetahui segala sesuatu tentang perkembangan hukum di Indonesia. Untuk itu diperlukan beberapa keahlian yang wajib dipunyai oleh sdm yang membidangi hukum di dalam perusahaan.

berikut adalah beberapa skill yang wajib dipunyai oleh divisi hukum suatu perusahaan yaitu :

  1. legal knowledge

Divisi hukum sebagai baris terdepan untuk memitigasi resiko yang berkaitan dengan hukum harus memperbanyak pengetahuannya dalam hal legal knowledge. Legal knowledge tersebut meliputi tentang hak, kewajiban, tindakan, dan amandemen yang dapat membantu Anda untuk melakukan riset dalam proses memilih bagaimana melakukan segala sesuatu dengan cara yang terstruktur dengan baik dan mengikuti semua aturan dan peraturan sesuai dengan aspek yang berbeda dan beragam.

Misalnya, seseorang yang terkait dengan industri kesehatan harus selalu diperbarui tentang hak dan kewajiban perawatan kesehatan.

  1. bussines and technical knowledge

Technical knowlede adalah keahlian dan kompetensi yang dibutuhkan untuk melakukan tugas digital atau fisik tertentu. Tidak peduli apa industri Anda atau karyawan Anda, pengetahuan tentang beberapa keterampilan teknis akan diperlukan untuk memenuhi kinerja sehari-hari. Begitu juga dengan bussiness knowledge, divisi legal perusahaan harus bisa memahami alur proses bisnis perusahaan sehingga dapat mengetahui regulasi apa yang harus ditempuh dan dikerjakan. Dengan begitu nantinya resiko-resiko yang terjadi akibat lalainya perusahaan dalam kepatuhan hukum dapat dihindari.

  1. soft skill dan managerial skill

Dilansir dari The Balance Careers, soft skill adalah kemampuan komunikasi, karakteristik seseorang, kecerdasan sosial yang melekat, serta kemampuan beradaptasi dengan baik di dalam kehidupan maupun dunia kerja.

Keahlian ini menunjukkan bagaimana seseorang dapat berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain di dalam dunia kerja. Berbeda dengan hard skill yang dipelajari dan dipraktikkan, kemampuan ini lebih kepada emosi dan wawasan dalam menghadapi orang lain. Menurut Monster, soft skill adalah hal yang tidak bisa diukur dan tidak berbentuk. Ini tidak sama dengan hard skill yang bisa diukur dan dibuktikan. Sederhananya, skill ini melengkapi hard skill. Tanpa soft skill, Anda akan kesulitan beradaptasi dan berkomunikasi.

Berikut adalah beberapa contoh dari soft skill yaitu :

  1. Komunikasi
  2. Problem solving
  3. Kepemimpinan /leadership
  4. adaptasi
  5. etika kerja
  6. decision making
  7. time management
  8. conflict resolution
  9. berpikir kritis
  10. kerjasama tim
  11. kreativitas
  12. dependability

Secara sederhana, keahlian ini merupakan pelengkap dari hard skill. Tanpa soft skill, maka divisi hukum akan mnegalami kesulitan dalam beradaptasi dan berkomunikasi.

Kemudian managerial skill juga suatu kompetensi yang harus dimiliki oleh sdm bagian divisi hukum perusahaan.  Menurut T. Hani Handoko menjelaskan bahwa praktek manajerial adalah kegiatan yang dilakukan oleh manajer.1Selanjutnya Siagian mengemukakan bahwa “Manajerial skill adalah keahlian menggerakkan orang lain untuk bekerja dengan baik”.2 Kemampuan manajerial sangat berkaitan erat dengan manajemen kepemimpinan yang efektif, karena sebenarnya manajemen pada hakekatnya adalah masalah interaksi antara manusia baik secara vertikal maupun horizontal.

Tiga hal ini akan semakin mudah diimplementasikan pada suatu divisi hukum perusahaan apabila manajemen cermat dalam melihat dan memenuhi kebutuhan skill-skill penting yang harus dikuasai oleh anggotanya. Tidak hanya knowledge transfer dari pihak internal, untuk mencapai hasil yang optimal perusahaan juga perlu untuk mengadakan legal training yang tepat dari pihak eksternal agar mendapat perspektif yang lebih luas sekaligus objektif.

Baiklah sobat legal itulah 3 jenis skill yang sebaiknya di miliki oleh sdm pada divisi hukum perusahaan. semoga artikel ini dapat memberikan referensi bagi sobat legal di dalam upaya menscaleup perusahaannya.

Jika sobat legal ingin membuat kontrak perjanjian, pendirian Koperasi, Jasa Pembuatan PT dan CV serta badan hukum lainnya  yang aman, cepat dan mudah maka segera hubungi kami di 0818 0811 7271.

Legalisasi.com jasa pembuatan PT dan CV dengan syarat pembuatan PT dan CV yang mudah “One Stop Bussiness Solution”

 

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

jasa pendirian CV Jakarta
Cerita

Jenis Layanan Jasa Pendirian CV Jakarta Paling Penting

Jasa pendirian CV Jakarta tentunya perlu untuk mendapatkan perhatian khususnya pada segi pelayanan dan jenisnya sangat menarik untuk diperhatikan dalam proses pembuatan CV itu sendiri.

jasa pendirian PT Jakarta
Uncategorized

Kelebihan Jasa Pendirian PT Jakarta untuk Jaminan Mutu

Jasa pendirian PT Jakarta tentu menjadi salah satu pilihan yang sangat strategis untuk diketahui semua orang yang hendak membangun bisnis khususnya di daerah Jakarta. Perkembangan

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Jasa Pembuatan PT Jakarta