9 Langkah Memulai Bisnis Rumahan Berkualitas

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Legalisasi.com – Tak sedikit yang ingin mulai menjalankan bisnis, namun kerap terhambat dengan persoalan modal. Salah satu solusi terbaik ialah memulai bisnis rumahan. Anda bisa memanfaatkan ruang kosong yang ada di rumah seperti halaman, garasi, dan dapur untuk memulai menjalankan bisnis.

Dengan memanfaatkan ruang kosong di rumah, Anda bisa menghemat biaya modal yang cukup besar, sehingga modal yang ada bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya. Berikut beberapa tips yang perlu Anda lakukan ketika ingin mulai bisnis rumahan.

Dukungan Keluarga

Keluarga menjadi elemen terpenting sebelum memulai bisnis, apalagi jika Anda baru merintis bisnis. Keluarga menjadi pendukung dari segi materil dan non materil. Jika sampai keluarga tidak mendukung, bisnis yang Anda jalani akan semakin susah berkembang, malah bisa menjadi gagal karena tidak adanya dukungan dari keluarga. Oleh karenanya, dalam berbisnis dukungan keluarga sangat dibutuhkan, mulai dari awal merintis hingga sampai sukses nanti.

Belajar Administrasi

Walaupun bisnis yang dijalani hanya sekelas rumahan saja, namun Anda juga perlu menguasai administrasi, sekalipun itu sederhana. Selalu lakukan pencatatan administrasi dengan tertib dan jangan pernah mencampurkan keuangan pribadi dengan bisnis. Karena salah satu pondasi utama untuk kelangsungan bisnis yang akan Anda jalani adalah administrasi.

Jauhkan Pikiran Dari Kegagalan

Seorang pebisnis sejati tidak akan pernah merasa takut gagal, walaupun masih di posisi pemula. Jika dari awal sudah merasa tidak yakin dengan bisnis yang dijalani, maka bisa dipastikan kedepannya bisnis akan mengalami kegagalan.

Mental pebisnis biasanya akan kuat seiring berjalannya waktu dan rintangan yang telah dihadapi. Butuh proses panjang agar bisa meraih kesuksesan. Jadi, tanyakan pada diri sendiri, kuat mana antara berfikir sukses dan gagal sebelum memulai bisnis.

Tentukan Visi & Misi Bisnis

Menentukan visi dan misi penting untuk menentukan arah tujuan bisnis kedepannya. Sekalipun bisnis Anda sekelas rumahan, tetapi Anda juga harus menentukan visi misi dengan jelas. Sehingga saat bisnis berjalan, akan ada target yang dicapai kedepannya, alias tidak asal jualan.

Hitung Kebutuhan Modal

Bisnis sulit dimulai bila modal yang Anda miliki belum cukup. Hitung secara teliti, mana saja kebutuhan yang paling penting agar bisnis bisa berjalan. Hindari pembelian barang-barang yang dirasa belum perlu. Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan apa yang ada di sekitar rumah untuk mulai berbisnis, seperti halaman, garasi, dapur, peralatan masak, dan lain sebagainya.

Sesuaikan Dengan Passion

Poin penting untuk memulai bisnis ialah sesuai dengan passion Anda. Kenapa harus sesuai dengan passion? Karena jika dilandasi dengan passion, maka apa yang Anda lakukan akan lebih semangat dan terasa lebih ringan. Saat bisnis dijalankan dengan penuh semangat, bisnis akan cepat meraih kesuksesan.

Hindari memilih bidang yang tidak sesuai dengan passion. Jika Anda menyukai bidang fotografer, Anda bisa membuka jasa foto di rumah, atau jika Anda suka memasak, Anda bisa memulai bisnis kuliner.

Pilih Waktu yang Tepat

Membangun bisnis tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Jangan terburu-buru, karena bisnis membutuhkan perhitungan yang cermat, salah sedikit saja Anda bisa mengalami kerugian. Jika Anda salah memilih waktu, bisa jadi Anda akan mengalami kegagalan. Contoh saja saat mendekati Bulan Ramadan, yang paling tepat adalah bisnis berjualan busana muslim dan kue lebaran.

Lakukan Promosi Secara Tepat

Promosi adalah salah syarat wajib yang harus Anda lakukan untuk mengenalkan produk ke calon pelanggan. Semakin sering Anda melakukan promosi, semakin banyak orang yang mengetahui produk yang Anda miliki.

Dalam hal promosi, agar tidak terlalu banyak uang yang dikeluarkan, maka target promosi haruslah tepat. Yang paling bagus adalah mencoba mempromosikan produk melalui media sosial. Dengan demikian jangkauan Anda akan semakin luas, dan ongkos biaya bisa lebih hemat.

Evaluasi

Setelah melakukan tips di atas, hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan ialah evaluasi. Evaluasi menjadi titik akhir dalam berbisnis. Dengan adanya evaluasi Anda akan mengetahui mana yang menjadi kelebihan bisnis Anda, dan mana yang menjadi kelemahan bisnis Anda.

So, itulah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk memulai bisnis rumahan. Semoga berhasil dan sukses.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Sanksi Hukum Bagi Pembajak Film

Film merupakan suatu karya sinematografi yang oleh undang-undang hak kekayaan intelektual  dilindungi kemanfaatan ekonominya. Semua hak yang ada di dalamnya harus secara benar di data,

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

× Tanya