Langkah Jitu Meningkatkan Daya Saing UKM – Legalisasi
EnglishIndonesian

Langkah Jitu Meningkatkan Daya Saing UKM

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Legalisasi.com – Ketatnya persaingan bisnis di era pasar bebas ternyata membuat banyak UKM merasa perlu untuk meningkatkan kualitas dan meningkatkan daya saing. Melawan banyak produk, baik lokal maupun global, tentu bukan hal yang mudah. Di samping harus tetap menjaga stabilitas usaha, UKM juga perlu mengantisipasi kehadiran produk-produk baru.

Bagi pelaku UKM, sudah saatnya Anda bangkit dan bersiap untuk menghadapi persaingan usaha yang semakin sengit.

Seorang ahli e-commerce dari Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), Muhammad Rosihan, menyebutkan bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan usaha sehingga dapat meningkatkan daya saing, yakni

1. Fokus Satu Jenis Produk

Jika ingin serius berbisnis, mulailah untuk fokus dan konsisten pada sebuah produk yang sudah memiliki pasar. Terlalu banyak menjual produk dalam satu ruang akan membuat calon konsumen tidak yakin dengan Anda. Mereka akan berpikir bahwa Anda tidak benar-benar serius menjual sebuah produk sehingga kualitas produk pun diragukan.

2. Masuk ke Satu Segmen Pasar

Ketika sudah mendapatkan pasar, langkah selanjutnya adalah menentukan segmen pasar. Jangan terlalu serakah untuk mengambil semua segmen, seolah produk Anda akan diminati semua kalangan. Tentukan segmen pasar dan fokuslah pada kebutuhan pasar Anda.

3. Amati Tingkat Persaingan

Ketika usaha sudah berjalan lancar, jangan berpikir bahwa usaha yang dijalankan akan terus stabil. Anda harus rajin melakukan survei tentang kebutuhan pasar dan kondisi persaingan bisnis. Sebab di saat bisnis sedang naik, tidak menutup kemungkinan persaingan bisnis datang bertubi-tubi.

4. Tingkatkan Kualitas Produk

Akan selalu ada produk yang lebih baik dan terbaru dibandingkan produk Anda. Ini yang harus Anda ingat. Maka bersiaplah untuk kenyataan pahit ini dengan terus berinovasi dan konsisten dengan produk dan pelayanan yang baik. Tingkatkan kualitas produk dan pelayanan agar pelanggan Anda tidak berpindah ke kompetitor. Di sisi lain pelanggan baru akan terus berdatangan.

Sumber : Warta Ekonomi

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

4 Tips Cerdas Bagi Trader Cryptocurrency Pemula

Sobat legal dunia block chain dalam format Cryptocurrency dalam setahun belakangan ini menunjukkan pertumbuhannya yang begitu pesat. Terbukti dari peningkatan jumlah kurs bitcoin yang mencapai

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch