Digital Workplace Mampu Lejitkan Pendapatan UKM - Legalisasi Indonesia

Digital Workplace Mampu Lejitkan Pendapatan UKM

Share This Post

Legalisasi.com – Usaha Kecil Menengah (UKM) memiliki kontrobusi yang cukup besar bagi Produk Domestik Bruto di Indonesia. Pendapatan ini dianggap bisa ditingkatkan jika UKM tersebut menerapkan konsep digital workplace dalam aktivitas perdagangannya.

Hal ini diutarakan oleh Marina Kacaribu, Managing Director Cisco Indonesia. Menurutnya, pelaku UKM adalah pekerja yang tidak terkurung oleh tempat dan waktu. Karena itulah mereka perlu mengadopsi digital workplace untuk dapat berkoordinasi baik dengan pelanggan, klien, maupun merchant.

“Sangat penting. Mereka inilah yang lebih membutuhkan solusi ini (digital workplace). Ini yang kita sebut digital ekonomi. Jika mereka tidak memanfaatkan fasilitas ini, gimana mereka mau scale up bisnis? Teknologi ini meningkatkan produktivitas,” ungkap Marina dalam acara relaunching aplikasi WebEx di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (17/7/2018).

Menurut Marina, saat ini zaman memang sudah berkembang dan berubah. Segala aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaan bisa dilakukan di mana saja tak terbatas oleh ruang dan waktu. Inilah yang harus diadopsi oleh para pelaku UKM.

Dengan begitu, pekerjaan bisa dilakukan dengan lebih cepat namun dengan pengeluaran yang lebih ringan.

“UKM di Indonesia itu besar. Mereka itu bekerja memang tidak menyewa kantor. Bisa bekerja di mana saja. Mereka bakal yang paling merasakan manfaat teknologi ini (digital workplace) untuk kolaborasi. Mereka bisa memanfaatkan itu semua untuk koordinasi dengan siapa saja,” lanjut Marina.

Marina sendiri menganjurkan agara pelaku UKM mencoba menggunakan WebEx. Aplikasi milik Cisco ini diklaim bisa memenuhi kebutuhan para pelaku UKM. Aplikasi WebEx sendiri memiliki beberapa produk yang kini diintegrasikan dalam satu wadah.

Produk tersebut di antaranya adalah WebEx Calling, WebEx Meetings, dan WebEx Teams.

WebEx Calling digunakan agar pengguna bisa berkonferensi dalam jumlah yang besar. Kemudian WebEx Meetings dapat digunakan untuk merancang sebuah pertemuan mulai dari jadwal, peserta, hingga lokasi.

Sedangkan WebEx Teams digunakan untuk berkolaborasi antara satu tim dengan tim lain dalam sebuah konferensi baik itu dalam perusahaan yang sama maupun antar perusahaan.

“Sesama ukm harus berkolaborasi atau sharing dengan merchant yang lain, itu bisa memanfaatkan aplikasi ini. Apakah itu untuk panggilan video, atau yang lain,” ungkap Marina.

Sumber : Kompas.com

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

virtual office Pondok Indah
Cerita

Bekerja Profesional di Virtual Office Pondok Indah

Tren bekerja “WFA” belakangan menjadi daya tarik tersendiri. Bekerja dari tempat yang fleksibel bukan hanya menjadi kebutuhan, tetapi juga nyaman dan tetap produktif. Salah satunya

PT Perorangan untuk ekspor
Cerita

Syarat dan Ketentuan PT Perorangan Untuk Ekspor

Kegiatan ekspor tidak hanya bisa dilakukan oleh perusahaan besar, usaha skala mikro dan menengah pun kini sudah bisa melakukan ekspor. Lalu, bagaimana dengan PT Perorangan

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Jasa Pembuatan PT Jakarta