Hari Pers Nasional sebagai Hari Bersejarah Bagi Wartawan – Legalisasi
EnglishIndonesian

Hari Pers Nasional sebagai Hari Bersejarah Bagi Wartawan

Hari Pers Nasional sebagai Hari Bersejarah Bagi Wartawan

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Sobat legal kehadiran Pers sebagai penyaji berita aktual di Indonesia sangat berarti ditengah hiruk pikuk informasi yang beredar di dunia maya. Berita atau informasi yang disampaikan oleh media pers menjadi peredam gejolak yang terjadi akibat miss informasi dunia maya dan nyata.

Untuk memperingati jasa dan sumbangsih Pers terhadap negara Indonesia maka tanggal 9 februari dijadikan sebagai Hari Pers nasional. Tanggal tersebut juga bertepatan dengan hari ulang tahun Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Hari Pers Nasional ditetapkan dengan Keputusan Presiden RI No. 5 tahun 1985 yang ditandatangani oleh presiden Soeharto pada tanggal 23 januari 1985.

Dalam Sejarah Pers Indonesia ada tokoh yang sangat terkenal dan dikukuhkan sebagai Bapak Pers nasional karena jasanya sebagai perintis Jurnalistik Internasional. Beliau adalah Raden Mas Djokomono Tirto Adhi Soero yang lahir di Blora Jawa Tengah pada tahun 1880. Beliau juga merupakan orang yang mendirikan Kantor Surat kabar Pertama yang dimiliki dan dikelola oleh pribumi dengan nama Medan Prijaji di bandung pada tahun 1907 sampai dengan tahun 1912.

Hari Pers Nasional sebenarnya terbentuk pada Kongres PWI ke 28 yang diselenggarakan di Padang. Hasil dari kongres tersebut adalah perlu adanya Hari Pers Nasional yang terlontar dari keinginan para tokoh-tokoh Pers untuk memperingati jasa dan peran serta Pers Indonesia dan perjuangan rakyat dan bangsa Indonesia dalam wilayah nasional.

Untuk menyemarakkan Hari Pers Nasional maka diadakan berbagai acara untuk memperingatinya seperti Pameran Pers dan Media yang diikuti oleh seluruh komponen pers nasional, media, serta berbagai elemen lainnya yang terkait. Kemudian ada juga acara Konvensi Nasional Media Massa, penyerahan Anugerah Jurnalistik dan Pers, Bakti Sosial, dan hiburan rakyat. Hari Pers Nasional juga menjadi kesempatan untuk silahturahmi dan penyatuan pemikiran bagi kemajuan pers bangsa Indonesia . Acara ini merupakan agenda tahunan terbesar dan paling Bonafid bagi komponen pers Indonesia.

Jika sobat legal ingin melakukan pendirian Koperasi, PT, CV dan badan hukum lainnya  yang aman, cepat dan  mudah maka segera hubungi kami di 0818 0811 7271.

Legalisasi.com jasa pendirian PT dengan syarat pembuatan PT yang mudah “One Stop Bussiness Solution”

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

jaminan hak merek
Legalitas Usaha

Hak Merek Sebagai Jaminan ke Bank

Sobat legal Hak Merek dapat dijadikan jaminan. Hal ini dikemukakan oleh Vice President Micro development & Agent banking Group Bank Mandiri Ashraf Farahnaz menjelaskan bahwa

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch