EnglishIndonesian

Haruskah Komunitas Berbadan Hukum?

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

“Badan hukum yang dapat anda dirikan bagi organisasi, dapat dilihat dari maksud dan tujuan didirikan badan hukum dimaksud.”

Canggihnya teknologi memudahkan masyarakat  saling mengenal dan menjalin hubungan.

Tak jarang pihak-pihak tersebut membuat suatu komunitas atau organisasi sebagai wadah berkumpul dan memberikan informasi terkait bidang yang disukai. Mengingat kebutuhan dari organisasi untuk melakukan hubungan dengan pihak ketiga, maka banyak organisasi yang ingin mengubah wadahnya menjadi sebuah badan hukum.

Tiap organisasi memiliki maksud dan tujuan yang berbeda. Mulai dari bertujuan mencari profit, mesejahterakan anggotanya, hingga sebagai wadah menjalin kerjasama dengan pihak lain. Lalu, badan hukum apa yang cocok bagi anda?

Wadah yang cocok bagi anda yang memiliki tujuan untuk mendapatkan profit atau keuntungan adalah Perseroan Terbatas (PT) yaitu badan hukum yang terdiri dari kesepakatan antara dua belah pihak atau lebih yang dimana memiliki maksud dan tujuan untuk menjalankan usaha/bisnis. So, dengan membentuk sebuah PT silaturahmi anda akan semakin menghasilkan profit.

Sementara bagi organisasi yang bertujuan di bidang sosial, baiknya anda mendirikan sebuah perkumpulan berbadan hukum.

Apa bedanya dengan perkumpulan biasa?

Perkumpulan berbadan hukum akan dianggap sebagai suatu subjek hukum sehingga memiliki hak dan kewajiban. Perkumpulan ini dapat melakukan tindakan-tindakan hukum. So, sangat tepat digunakan untuk asosiasi bisnis untuk menjalankan kegiatan pelatihan yang berguna untuk memupuk generasi muda untuk berbisnis.

Dan bagi organisasi yang memiliki tujuan untuk mensejahterakan anggotanya, Koperasi adalah wadah yang tepat untuk dipilih. Mengapa demikian? Karena Koperasi adalah badan hukum yang bertujuan untuk memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Nah, dalam menentukan bentuk badan hukum untuk organisasi yang anda miliki, anda terlebih dahulu harus menentukan tujuan dan kebutuhan organisasi yang anda jalankan.

Apabila anda memiliki pertanyaan lebih lanjut terkait legalitas bisnis yang anda jalankan atau apabila anda membutuhkan asistensi hukum dalam pengurusan badan hokum organisasi / komunitas, silahkan hubungi Legalisasi.com.

WhatsApp 081808117271

Email official@legalisasi.com

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Tata Cara Mendirikan Koperasi Sekolah

Sobat legal koperasi sebagai badan hukum dapat diperuntukkan di semua bidang usaha yang diperbolehkan oleh undang-undang. Mulai dari bidang usaha yang berbentuk jasa hingga produsen

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch