Jenis Jabatan yang tidak dapat diduduki oleh TKA – Legalisasi
EnglishIndonesian

Jenis Jabatan yang tidak dapat diduduki oleh TKA

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

 

Di era Industri 4.0 ini pergerakan dan perkembangan teknologi pastilah diarsakan sangat cepat. nyatanya teknologi seakan berkembang dan terbarukan dengan cepat sekali. Kita bisa mengambil contoh smartphone android yang dimana aplikasi dan unit smartphonenya hampir dipastikan keluar rilisan terbaru hanya dalam hitungan bulan.

Teknologi pastinya sangat berkaitan erat dengan sumber daya manusia, karena manusia bertugas sebagai operataor dalam sebuah mesin komputer. Sebut saja perusahaan ternama yang salah satu kegiatan usahanya  adalah sebagai mesin pencari di internet. Walapun mereka sudah menggunakan teknologi komputer hampir di setiap proses kerjanya, namun perusahaan tersebut masih membutuhkan manusia sebagai tenaga kerjanya.

Jika perusahaan tersebut adalah perusahaan lokal tentu saja tenaga kerja yang digunakan adalah tenaga kerja orang Indonesia, namun bagaimana jika perusahaan tersebut membutuhkan tenaga kerja asing yang mempunyai keahlian tertentu yang hanya dimiliki oleh tenaga kerja asing tersebut, misal tenaga kerja dari Australia, tentu saja perusahaan tersebut harus mendatangkan tenaga kerja dari Australia ke Indonesia untuk memenuhi kebutuhan perusahaan tersebut akan SDM dari luar negeri.

Nah Sobat legal sebelum perusahaan tersebut ingin mendatangkan tenaga kerja asing (TKA) tersebut ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum perusahaan mendatangkan TKA tersebut.

Dalam mempekerjakan tenaga kerja asing, prosedurnya harus  melalui mekanisme dan prosedur yang sangat ketat, terutama dengan cara mewajibkan bagi perusaahan atau korporasi yang mempergunakan tenaga kerja asing bekerja di Indonesia dengan membuat rencana penggunaan tenaga kerja asing (RPTKA) sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Nomor PER.02/MEN/III/2008 Tentang Tata Cara Penggunaan Tenaga Kerja Asing.

Berdasarkan peraturan menteri tenaga kerja No 228 tahun 2019 ada beberapa jabatan yang dapat diduduki oleh tenaga kerja asing, namun tidak semua jabatan dalam perusahaan dapat diberikan terhadap TKA, ada beberapa jabatan yang tidak dapat diberikan kepada TKA yaitu :

 

No Nama Jabatan (Indonesia) Nama Jabatan (Inggris)
1 Direktur Personalia Personnel Director
2 Manajer Hubungan Industrial Industrial Relation Manager
3 Manajer Personalia Human Resource Manager
4 Supervisor Pengembangan Personalia Personnel Development Supervisor
5 Supervisor Perekrutan Personalia Personnel Recruitment Supervisor
6 Supervisor Penempatan Personalia Personnel Placement Supervisor
7 Supervisor Pembinaan Karir Pegawai Employee Career Development Supervisor
8 Penata Usaha Personalia Personnel Declare Administrator
9 Kepala Eksekutif Kantor Chief Executive Officer
10 Ahli Pengembangan Personalia dan Karir Personnel and Careers Specialist
11 Spesialis Personalia Personnel Specialist
12 Penasehat Karir Career Advisor
13 Penasehat tenaga Kerja Job Advisor
14 Pembimbing dan Konseling Jabatan Job Advisor and Counseling
15 Perantara Tenaga Kerja Employee Mediator
16 Pengadministrasi Pelatihan Pegawai Job Training Administrator
17 Pewawancara Pegawai Job Interviewer
18 Analis Jabatan Job Analyst
19 Penyelenggara Keselamatan Kerja Pegawai Occupational Safety Specialist

 

Jika dilihat dalam daftar tesebut ,Kebanyakan jabatan di atas berkaitan dengan manajemen ketenagakerjaan, misalnya jabatan yang menangani rekruitmen karyawan, wawancara kerja, penempatan, pengembangan, pelatihan, dan penasihat karir. Atau singkatnya, pekerja asing dilarang mengambil alih tugas Human Resource (HR) dan Human Capital (HC) di perusahaan.

Kemudian berkaitan dengan PMA (Penanaman Modal Asing) bagaimana dengan perlakuan TKAnya? Berdasarkan Undang-undang tentu saja sama ya sobat legal ,selama posisi tersebut bukan posisi yang berkaitan dengan Human Resource (HR) dan Human Capital (HC) di perusahaan maka tenaga kerjanya boleh menggunakan TKA termasuk jabatan direktur atau komisaris.

Masih bingung dengan prosedur mendatangkan TKA ke Indonesia atau ingin konsultasi mengenai TKA atau PMA segera hubungi kami di 081808117271, kami siap membantu anda karena Legalisasi.com Solusi Perizinan Anda.

 

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

12 Tips Bisnis Bagi Pebisnis Pemula

Sobat legal seorang pebisnis pastinya mempunyai cita-cita yang besar setinggi langit. Mimpi-mimpi tersebut akan menjadi kenyataan yang terwujud jika dikerjakan secara sungguh-sungguh. Bagi sebagian orang

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch