KBLI 2020 (kbli terbaru) SEBAGAI PENUNJANG PROGRAM SATU DATA INDONESIA

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Sobat legal yang budiman ada berita penting yang harus diketahui oleh sobat legal terutama para pelaku usaha. Pada tanggal 28 september 2020 Badan Pusat Statistik melakukan launching dan sosialisasi KBLI 2020hal ini dilakukan sebagai perwujudan koordinasi, integrasi, dan sinkronisasi referensi lapangan usaha satu data Indonesia. Satu data Indoensia yang dimaksud adalah sebagaimana yang diatur dalam PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 39 TAHUN 2O19 TENTANG SATU DATA INDONESIA pasal 1 ayat (1) bahwa Satu Data Indonesia adalah kebijakan tata kelola Data pemerintah untuk menghasilkan Data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagi pakaikan antar Instansi Pusat dan Instansi Daerah melalui pemenuhan Standar Data, Metadata,Interoperabilitas Data, dan menggunakan Kode Referensi dan Data Induk.

Dalam penyusunan KBLI 2020 ini BPS telah berkoordinasi dengan 24 kementerian/lembaga untuk usulan jenis lapangan kerja baru yang akan dimasukkan ke dalam KBLI 2020, mulai dari pertanian, pertambangan, industri, konstruksi hingga jasa lainnya. Nantinya KBLI 2020 ini menggantikan KBLI 2015 perka 2017.

Bersamaan dengan launching dan sosialisasi KBLI 2020 ini BPS juga telah meluncurkan aplikasi berupa alat bantu pencarian kode klasifikasi atau sistem pembakuan statistik yakni aplikasi SIBAKU. Aplikasi ini nantinya bisa diakses secara online melalui website maupun smartphone. KBLI 2020 juga dapat dijadikan acuan sebagai kode referensi pengklasifikasian lapangan usaha nasional.

Unduh disini untuk aplikasi SIBAKU :

https://play.google.com/store/apps/details?id=id.go.bps.baku

atau untuk data kbli 2020 dengan versi pdf dapat diunduh disini :

file:///E:/legalisasi/legalisasi/undang-undang/LEGALISASIDOTCOM-kbli-2020-pdf.pdf

Untuk dapat mengklasifikasikan seluruh kegiatan ekonomi di Indonesia ke dalam lapangan usaha, BPS telah menyusun KBLI yang menyediakan struktur pengklasifikasian yang konsisten dan saling berhubungan. Penyusunan KBLI oleh BPS juga berdasarkan pada konsep definisi, prinsip dan tata cara pengklasifikasian yang telah disepakati secara internasional.

dalam jangka waktu lima tahun KBLI perlu diperbaharui seiring dengan perkembangan global bergerak semakin cepat hal ini dikeranakan sering perkembangan jaman dan teknologi yang begitu pesat maka selalu ada muncul bidang usaha baru yang tidak tercantum dalam kode kbli 2015 sebagi contoh sederhana ada bidang usaha yang ditiadakan karena terdisrupsi oleh revolusi industri 4.0 dan begitu juga sebaliknya ada teknologi dan digitalisasi juga menimbulkan pekerjaan-pekerjaan yang sebelumnya tidak ada menjadi ada maupun sebaliknya. Misalnya saja Youtuber, yang mana pekerjaan ini seolah menjadi market baru bagi para generasi milenial.

Harapan tertinggi yang diinginkan pemerintah dengan adanya kbli 2020 ini adalah  sistem kbli ini akan memangkas sistem birokrasi yang panjang dalam perizinan berusaha. Dan sebagai tambahan dengan kbli 2020 ini akan mengurangi praktek-praktek tindak pidana korupsi yang sering terjadi pada level pengurusan perizinan pada pemerintah.

Ingin konsultasi lebih lanjut mengenai kode kbli 2020 dan ingin melakukan pendirian PT segera hubungi kami di 081808117271

Legalisasi.com “One stop legal solution”

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Aturan Baru Mengenai Bea Meterai tahun 2021

Sobat legal tentunya tidak asing lagi dengan yang namanya meterai, hampir di setiap surat perjanjian ada label meterai di lembar kertasnya. Berdasarkan UU Meterai ketentuan

Strategi Bisnis Kerajaan Majapahit

Indonesia pada jaman dahulu terkenal dengan berbagai kerajaan-kerajaan. Hal ini dikarenakan kerajaan-kerajaan jaman dahulu kala terkenal dengan strategi dagangnya yang hampir meliputi beberapa bagian dunia.

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

× Tanya