6 langkah utama membangun bisnis dari 0

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Membangun bisnis tidak semudah melamar pekerjaan. Membangun bisnis butuh persiapan dan kesiapan yang matang agar kelak bisnis yang Anda harapkan bisa berjalan dengan baik.

Namun sayangnya tak sedikit pelaku bisnis yang memulai usahanya hanya modal nekat saja, alias tanpa perencanaan apa-apa. Alhasil, mayoritas pelaku bisnis semacam ini hanya bertahan diperiode awal saja.

Nah, untuk mengantisipasi hal itu, Legalisasi.com akan membagikan 6 langkah utama membangun bisnis dari 0.

1. Riset Pasar

Riset pasar menjadi langkah pertama ketika mau memulai bisnis. Pasalnya, tanpa mengetahui gelombang arus pasar, Anda akan mudah terjebak pada surutnya penjualan. Karenanya, riset pasar sangat menentukan produk apa dan bagaimana rencana bisnis yang akan Anda jalankan.

2. Rencana Bisnis

Usai riset pasar dilakukan, langkah selanjutnya ialah membangun rencana bisnis. Rencana Bisnis ibarat peta besar perjalanan Anda selanjutnya. Di dalamnya tercantum jenis produk, manajemen usaha, strategi penjualan, sampai ciri khas produk yang Anda jual. Tanpa rencana bisnis, ibarat Anda berjalan di hutan tanpa tau arah.

3. Kualitas Produk

Produk tetap nomor satu. Kualitas produk harus betul-betul diperhatikan. Tanpa produk yang berkualitas, langkah apapun yang Anda jalankan tetap akan sia-sia. Karenanya, kualitas produk harus terus ditingkatkan dari waktu-waktu.

4. Strategi Marketing

Usai Anda menentukan produk dan standar kualitasnya, yang tak kalah penting ialah strategi marketing. Di era digital seperti hari ini kreatif marketing sangat dibutuhkan, seperti halnya pemanfaatan media sosial dan website online. Dengan kedua senjata itu efektivitas usaha Anda akan jauh lebih baik.

5. Konsisten

Konsistensi menjadi hal tersulit dalam usaha. Selain karena harus tetap teguh disaat masa-masa sulit, konsistensi juga menuntut Anda untuk terus menjalankan bisnis dan berpikir kreatif ketika penjualan menyempit. Konsistensi menjadi kunci utama bagi disaat Anda mengalami masa-masa sulit.

6. Evaluasi dan Inovasi

Evaluasi menjadi PR terakhir dalam sebuah bisnis. Tentunya dengan evaluasi Anda akan menemukan kelemahan-kelemahan dan kemudian Anda harus memecahkan itu semua dengan inovasi atau gebrakan baru, baik dari segi produk, marketing atau yang lain.

So, itulah 6 langkah utama yang perlu Anda lakukan ketika membangun bisnis dari 0.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Sanksi Hukum Bagi Pembajak Film

Film merupakan suatu karya sinematografi yang oleh undang-undang hak kekayaan intelektual  dilindungi kemanfaatan ekonominya. Semua hak yang ada di dalamnya harus secara benar di data,

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

× Tanya