Memulai Bisnis Ekspedisi

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Sobat legal Bisnis ekspedisi atau jasa pengiriman barang adalah peluang bisnis yang menguntungkan jika dikelola dengan benar. Namun untuk memulai bisnis ini kita harus melakukan beberapa riset terlebih dulu, tentunya terkait dengan potensi peluang dan keuntungan dari bisnis ekspedisi itu sendiri. Untuk memulainya dibutuhkan suatu perencanaan yang matang baik dari segi Bisnis dan legalitasnya. Sebagai bahan pertimbangan kami akan memberikan tahapan sebagai panduan untuk untuk mengelola bisnis jasa pengiriman barang :

  1. Menentukan daerah transportasi dan alat transportasi

Untuk mendukung mobilitas pengangkut kiriman barang maka dibutuhkan suatu moda transportasi baik itu berupa mobil atau motor. Dari dua moda transportasi tersebut tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing seperti halnya mobil uang mempunyai kelebihan daya jelajahnya yang luas sehingga mampu menjangkau kota dalam cakupan yang lebih besar dibandingkan dengan moda trasnportasi motor. Namun jika didalam kota yang tingkat kemacetannya sangat tinggi maka moda transportasi motor sangat diandalkan dalam kendaraan pengantar barang. Lalu untuk pemilihan daerah transportasi berkaitan langsung dengan kesiapan perangkat atau moda transportasi pengangkut barang. Semakin banyak moda transportasi yang dimiliki maka kota-kota besar bisa menjadi pilihan targer operasi bisnis ekspedisi.

  1. Menentukan jenis dan item barang yang dapat di kirim.

Semakin banyak dan jenis item barang yang bisa anda layani maka kredibilitas perusahan akan semakin terjaga. Hal ini berkaitan erat dengan kapasitas fasilitas angkut dan kapasitas penyimpanan barang yang akan dikirim. Jika yang anda tangani hanya berupa paket-paket kecil namun berharga seperti dokumen penting atau rahasia maka saran kami anda harus mempersiapkan tas atau packaging yang mempunyai kualitas tinggi yang tahan terhadap air atau panas.sedangkan untuk item yang lebih besar seperti cargo medis, cargo kendaraan bermotor, cargo industri, paket makanan dll maka dibutuhkan kendaraan khusus yang lebih besar yang sanggup menampung barang tersebut.

  1. Menentukan Biaya Operasional

Operational cost merupakan unsur terpenting di dalam bisnis cargo, karena biaya operational berkaitan erat dengan penetuan harag jual per layanan. Termasuk di dalamnya adalah seperti biaya average, biaya tambahan untk jarak tempuh tertentu ,biaya asuransi, batas pengiriman barang dll. Permainan psikologi harga sangat berpengaruh dalam strategi marketing karena customer akan lebih senang dengan layanan yang berharga murah namun jika perusahaan menambahkan value lebih pada layanan seperti halnya harga layanan mahal namun barang kiriman akan cepat sampai dalam waktu kurang dari sehari maka customer akan memilih layanan kita karena ada jaminan waktu pengiriman barang yang lebih cepat.

  1. Legalitas dan Promosi

Untuk mendapatkan kepercayaan penuh dari costumer terkait bisnis ekspedisi ini, maka Anda wajib memiliki izin usaha atau legalitas dari pemerintah. Dan untuk media promosi Anda bisa membuat website untuk membangun bisnis pengiriman barang secara online. Lengkapi dengan konten mengenai daerah jangkauan pengiriman, daftar biaya, jam operasional, dan semua yang berkaitan dengan layanan ekspedisi secara detail dan spesifik. Untuk legalitas baiknya segala perizinan usaha yang berkaitan dengan bisnis tersebut di urus sebelum menjalankan bisnis tersebut. Untuk perusahaan jasa pengurusan transportasi (cargo dan exspedisi) yang telah mendapat izin usaha diwajibkan untuk memenuhi segala ketentuan peraturan perundangan yang berlaku, demi kelancaran usaha yang dijalankan. Untuk mendapatkan izin usaha dari instansi yang berwenang, sebuah perusahaan harus memenuhi persyaratan berikut ini:

  1. Mempunyai akta pendirian yang telah disahkan oleh instansi yang berwenang.
  2. Mempunyai modal perusahaan yang disetorkan yaitu sejumlah 200 juta rupiah.
  3. Saham perusahaan dimiliki oleh Warga Negara Indonesia atau Badan hukum yang berwenang.
  4. Apabila terdapat modal asing, terlebih dahulu harus mendapat izin dari instansi yang berwenang untuk mengatasi.

Jika diatas telah disebutkan mengenai beberapa persyaratan untuk mendapatkan izin usaha dari pihak berwenang, maka kali ini akan dibahas mengenai langkah atau cara pengajuan permohonan  izin usaha bidang transportasi.

  1. Mengajukan permohonan Izin usaha pengurusan Transportasi yang kemudian diajukan kepada kepala Dinas Perhubungan.
  2. Kemudian izin usaha diberikan oleh Kepala Dinas Perhubungan.
  3. Setelah izin diberikan, proses penerimaan ataupun penolakan atas permohonan izin usaha akan diberikan dalam jangka waktu 14 hari setelah berkas pengajuan permohonan diterima secara lengkap oleh kepala dinas.
  4. jika permohonan izin ditolak oleh pejabat langkah selanjutnya adalah memberikan jawaban atas penolakan.
  5. Jika permohonan izin ditolak maka anda dapat mengajukan kembali setelah melengkapi persyaratan.

Perizinan Bagi usaha Jasa Pengurusan Transportasi akan tetap berlaku selama perusahaan yang bersangkutan masih tetap aktif dalam menjalankan kegiatan usahanya dan akan dilakukan program evaluasi yang akan dilakukan setiap 2 tahun sekali.

Kemudian Perusahaan diwajibkan untuk melaporkan kegiatan usahanya secara periodik kepada Kepala Dinas Perhubungan. Dilakukan evaluasi keseimbangan yaitu antara volume barang dan jumlah perusahaan.

Jika Sobat legal ingin menjalankan bisnis cargo atau expedisi maka segera hubungi kami di 0818 0811 7271 , ketika urusan legalitas dan perizinan telah di miliki maka perusahaan dapat dengan tenang dan aman menjalankan bisnisnya.

 

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Sanksi Hukum Bagi Pembajak Film

Film merupakan suatu karya sinematografi yang oleh undang-undang hak kekayaan intelektual  dilindungi kemanfaatan ekonominya. Semua hak yang ada di dalamnya harus secara benar di data,

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

× Tanya