Mendulang Deviden di Santara.co.id

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Sobat legal semoga selalu dalam lindungan Allah SWT dan semoga selalu mendapatkan keberkahan.

Tidak semua pelaku usaha itu menjalankan bisnisnya. Ada pelaku usaha yang bersifat pasif dan aktif. Hal ini bisa kita cirikan dari kegiatan kesehariannya dalam usahanya. Agar lebih jelasnya dapat kita simak dalam penjelasan  berikut :

Ada 5 Jenis pelaku usaha di era industri 4.0 saat ini :

1  Pengusaha online atau pengusaha daring adalah seseorang yang mencari nafkah dengan menjual produk, layanan, atau informasi secara daring. Dalam keseharian hal ini bukan merupakan hal yang asing karena pengusaha online dapat kita temui dimana saja sebagaimana terpampang dilayar smartphone anda sebuat saja berbagai macam marketplace yang diisi oleh pelaku usaha baik dalam atau luar negeri .Bagaimana pengusaha online menghasilkan uang?

  1. Menjual produk di situs web mereka (Label Pribadi, Dropshipping)
  2. Menggunakan Pasar Pihak Ketiga (Tokopedia, BukaLapak, Shopee)
  3. Informasi Penjualan (Kursus daring)
  4. Menawarkan layanan online (Freelance, Iklan Berbayar)

2. Pengusaha Bisnis Kecil

Pengusaha bisnis kecil biasanya menyediakan layanan kepada seseorang atau bisnis kecil lainnya. Sebagian besar bisnis lokal dianggap kecil terutama jika bisnis itu milik keluarga dan memiliki kurang dari 50 karyawan. Di indonesia pengusaha bisnis kecil ini dikenal dengan UMKM dengan omset dibawah 300 juta mempunyai asset sampai dengan 50 juta.

3. Pengusaha Investor

Pada tingkat kewirausahaan tertinggi adalah angel investor. Ini adalah tipe wirausahawan yang menghasilkan uang untuk memulai bisnis dan sekarang ingin membantu generasi berikutnya.

Pengusaha investor dapat memanfaatkan hubungan yang telah mereka bangun selama bertahun-tahun dan nama mereka untuk berinvestasi di perusahaan selama tahap awal pendanaan.

Hanya ada beberapa orang terpilih yang berhasil mencapai tingkat kewirausahaan ini. Mereka giat dalam menghasilkan uang dan sekarang mereka mencari cara untuk menjaga generasi startup pertumbuhan selanjutnya.

Pengusaha investor ini tidak harus mengeluarkan uang dalam jumlah besar  dalam investasinya. Bahkan dengan adanya kemajuan dan kemudahan teknologi  jumlah investasi dapat dilakukan hanya dimulai dengan jumlah uang 1 juta rupiah.

4. Pengusaha Lifestyle

Pengusaha lifestyle memiliki jenis usaha yang berfokus pada menciptakan lingkungan di mana mereka dapat mengatur jadwal mereka sendiri dan hidup di manapun mereka inginkan. Tujuannya adalah menjadi sefleksibel mungkin dan memaksimalkan kenikmatan. Biasanya orang-orang yang termasuk tipe pengusaha lifestyle disebut “perantau digital” atau solopreneur.

 

Solopreneur adalah orang yang beroperasi sepenuhnya sendiri dan tanpa dukungan dari tim. Mereka tidak memiliki mitra bisnis dan jika mereka membutuhkan bantuan, mereka menyewa freelancer untuk melakukan beberapa pekerjaan untuk mereka.

Solopreneur tertarik untuk menjaga biaya mereka tetap rendah karena mereka fokus untuk memastikan mereka mampu mempertahankan gaya hidup minimalis mereka selama mungkin.

Bagaimana pengusaha lifestyle menghasilkan uang? Biasanya mereka fokus pada bisnis daring berbiaya rendah seperti:

  • Blogger
  • Pengajar Kursus Online
  • Perdagangan elektronik
  • Virtual Assisstant

5. Pengusaha Influencer

Influencer adalah seseorang yang dapat membangun audiens dengan berbagai konten mengenai topik tertentu. Sebut saja Atta Halilintar, Anya Geraldine, Ria Ricis dll yang sukses menjadi influencer kenamaan Indonesia.

Ada 4 cara yang dilakukan pengusaha influencer untuk menumbuhkan audiens:

  • Public Speaking
  • Menulis (blogging, buku, media sosial)
  • Youtuber
  • Podcast

Influencer adalah pengusaha dengan audiens yang loyal. Perbedaan antara influencer dan pengusaha online adalah bahwa pengusaha online menjual produk, layanan, atau informasi. Sementara itu, influencer membagikan pengetahuan mereka secara gratis tetapi kemudian membebani pengiklan untuk menjual kepada audiens mereka

Mengupas lebih dalam mengenai pengusaha investor di era industri 4.0. dengan kemajuan teknologi saat ini mereka cukup dimudahkan dengan kemunculannnya berbagai platform pendanaan yang berbentuk aplikasi digital. Download saja Santara.co.id di aplikasi unduh software pada smart mobile anda sebagai gambaran bahwa begitu mudahnya menjadi pengusaha investor di era digitaliasi ini. Berbagai jenis usaha terpampang dengan rapi di platform santara. Dari bisnis hulu hingga hilir tersedia lengkap dalam menu pilihan investasi. Bahkan sampai peternakan ayam pun dapat meraih investor dalam waktu yang sangat singkat di platform Santara.

Bahkan pada tahun 2019 santara telah mencatat pembagian deviden yang cukup menguntungkan bagi para pemodal. Di antaranya, ada bisnis Sop Ayam Pak Min, Yamie Panda, Mayasi, Plate O, dan perkebunan durian PT CAM. Sop Ayam Pak Min juga kembali menawarkan saham bisnis dari cabang yang lainnya melalui badan usaha PT Kembar Cipta Boga. Ada lima cabang yang ditawarkan, terdiri dari tiga cabang eksisting dan dua cabang baru yang akan dibuka.

Lebih cepat dari tahun lalu, penawaran saham Sop Ayam Pak Min yang kedua ini terjual kurang dari enam jam. Ada 10.000 lembar saham dengan total pendanaan Rp1 miliar habis terbeli oleh hanya 167 pemodal. Hal ini membuat banyak pemodal yang belum kebagian saham bisnis PT KCB harus menunggu penerbit selanjutnya.

Namun perlu dicermati syarat utama untuk mendapat pendanaan adalah penerima modal/emiten harus mempunyai usaha berbentuk badan hukum PT karena nantinya sebagian saham dalam PT akan dimiliki oleh masyarakat. Jika sobat legal ingin mendapatkan pendanaan dan mendirikan PT dapat segera menghubungi Legalisasi.com di 0818 0811 7271. Kami akan memberikan penjelasan secara lengkap mengenai pendirian PT dan cara pendanaan di santara.

legalisasi.com “one stop bussiness solution”

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Sanksi Hukum Bagi Pembajak Film

Film merupakan suatu karya sinematografi yang oleh undang-undang hak kekayaan intelektual  dilindungi kemanfaatan ekonominya. Semua hak yang ada di dalamnya harus secara benar di data,

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

× Tanya