Mengenal Lebih Dekat Sosok Sri Sultan Hamengkubuwono IX – Legalisasi
EnglishIndonesian

Mengenal Lebih Dekat Sosok Sri Sultan Hamengkubuwono IX

LEGALISASI.COM

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Sobat legal mari kita mengenal lebih dekat dengan tokoh kebanggaan Republik Indonesia. Beliau adalah Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang lahir dengan nama Bendoro Raden Mas Dorodjatun pada tanggal 12 April 1912 di Ngasem, Yogyakarta.

Bapak Hamengku Buwono IX adalah putra ,buah pernikahan dari Sri Sultan Hamengku Buwono VIII dari istri kelimanya, Raden Ajeng Kustilah.

Tepat pada tanggal 18 Maret 1940, Hamengku Buwono IX dinobatkan sebagai Sultan Yogyakarta, yang kemudian tercatat sebagai gubernur terlama yang menjabat di Indonesia antara 1950-1988 dan Raja Kesultanan Yogyakarta terlama antara 1940-1988.

Kemudian tepat pada tanggal 2 Oktober 1946 sampai 27 Juni 1947, Hamengkubuwono IX dipercaya untuk menjabat sebagai Menteri Negara pada kabinet Sjahrir III. Ia diangkat lagi dalam Kabinet Amir Sjarifuddin I dan II pada 3 Juli 1947 – 11 November 1947, yang dilanjutkan hingga 28 Januari 1948.

Atas dasar kemampuan dan kecerdasan Intelektual yang dimilikinya maka Beliau juga disebut-sebut sebagai salah satu founding father Universitas Gadjah Mada sejak mulai pendirian Balai Perguruan Tinggi UGM pada 17 Februari 1946 sampai pendirian UGM pada 19 Desember 1949, hingga berubah menjadi Universitiet Negeri Gadjah Mada sampai menjadi Universitas Gadjah Mada di tahun 1954. Atas usahanya, ia dipilih menjadi Ketua Dewan Kurator UGM tahun 1951.

Bapak Hamengku Buwono IX menjadi wakil presiden kedua setelah Mohammad Hatta, sekaligus wapres pertama di antara 5 wapres yang mendampingi Soeharto. Beliau menjalankan tugas sebagai wapres sejak dilantik pada tanggal 25 Maret 1973 hingga 23 Maret 1978.

Ada fakta yang mengejutkan dikutip dari halaman twitter Humas Pemda DIY @humasjogja bahwa Sri Sultan Hamengku Buwono IX adalah PNS pertama di Indonesia dengan Nomor Induk Pegawai 010000001. Hal ini dibuktikan dengan fotokopi kartu PNS milik beliau yang diterbitkan oleh Badan Administrasi Kepegawaian Negara (BAKN), dan ditandatangani oleh Kepala BAKN saat itu, AE Manihuruk, di Jakarta pada 1 November 1974

Tak cukup hanya disitu prestasi yang juga sangat membanggakan adalah Hamengku Buwono IX juga merupakan Bapak Pramuka Indonesia, dan menjabat sebagai Ketua Kwartir Nasional selama 13 tahun.

Didalam perjalanan hidupnya hingga sekarang dapat ditemukan peninggalan-peninggalan bersejarah diantaranya adalah  Selokan Mataram di Yogyakarta yang kebermanfaatannya masih dirasakan oleh warga sekitar tempat tersebut.

Membahas mengenai kehidupan pribadi dan kisah percintaannya. Hamengkubuwono IX tercatat pernah 5 kali menikah. Istri pertamanya adalah BRA Pintakapurnama/KRA Pintakapurnama pada tahun 1940. Kemudian RA Siti Kustina/BRA Windyaningrum/KRA Widyaningrum/Ray Adipati Anum, putri R.W. Purwowinoto pada tahun 1943. Ketiga, Raden Gledegan Ranasaputra/KRA Astungkara, putri Raden Lurah Ranasaputra dan Sujira Sutiyati Ymi Salatun di tahun 1948. Keempat, KRA Ciptamurti, dan yang terakhir Norma Musa/KRA Nindakirana, putri Handaru Widarna di tahun 1976. Dari pernikahan itu, Hamengkubuwono IX dikaruniai 15 putra dan 7 putri.

Sri Sultan Hamengku Buwono IX tutup usia pada 2 oktober 1988 di Amerika Serikat dan Beliau dianugerahi gelar Pahlawan Nasional pada 8 Juni 2003 oleh Presiden RI kala itu.

Jika sobat legal ingin melakukan pendirian Koperasi, PT, CV dan badan hukum lainnya  yang aman, cepat dan  mudah maka segera hubungi kami di 0818 0811 7271.

legalisasi.com jasa pendirian pt dengan syarat pembuatan PT yang mudah “One Stop Bussiness Solution”

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

6 Bisnis Sukses Yang di lakoni Baim Wong

Artis yang satu ini tidak pernah luput dari pemberitaan media. Artis yang bernama asli Muhammad Ibrahim atau biasa dikenal Baim wong selalu menjadi topik yang

Sejarah Inspiratif Bursa Efek Indonesia

Sobat legal sejarah munculnya Bursa Efek Indonesia mempunyai catatan yang cukup panjang di Indonesia. Berdasarkan fakta sejarah  bahwa pasar modal telah hadir sebelum kemerdekaan Indonesia

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch