Perhatikan Pilihan Kode KBLI Yang Bersifat Single Purpose Agar Perizinan Usaha Dapat Disetujui – Legalisasi
EnglishIndonesian

Perhatikan Pilihan Kode KBLI Yang Bersifat Single Purpose Agar Perizinan Usaha Dapat Disetujui

#covid19, #jasanotaris, #kbli2020, #legalisasidotcom, #legalisasiindonesia, #legalitas, #pendirianpma, #pendirianpt #pendiriancv #izinusaha, #pendirianpt2020, #pendirianyayasan, #penyesuaiankbli2017 #pendirianpt #NIB, Info legalitas, izinusaha, Legalisasi, pendiriancv, pendirianpt, pendirianptpma, penyesuaiankbli2017, Tips Bisnis, UMKM, virtualoffice

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Sobat legal pemilihan kode kbli harus dilakukan secara tepat dan akurat sehingga bisnis yang akan dijalankan nanti benar dan sesuai dengan pilihan kode kbli yang telah dipilih. Pilihan kode kbli /bidang usaha sangat menentukan terhadap klasifikasi tingkat resiko yang akan dijalankan oleh suatu perusahaan.Hal ini juga berkaitan erat dengan penerbitan PKKPR dimana modal dasar menentukan sekali apakah suatu PKKPR akan diterbitkan didalam permohonan NIB pada OSS. Perlu menjadi catatan penting bahwa ada beberapa kode kbli /bidang usaha yang hanya dapat menjalankan satu kegiatan usaha saja dan tidak dapat dicampur dengan kode kbli/bidang usaha yang lain.

Saat ini kode KBLI menggunakan kode KBLI versi 2020. Hal ini nantinya akan terus diupdate mengikuti perkembangan bisnis model dan bidang usaha yang terus berinovasi. Bagi perusahaan yang belum mengupdate bidang usaha perusahaan sesuai dengan kode kbli 2020 maka saran kami segera diupdate karena jika belum nantinya kita tidak bisa mengurus perpanjangan perizinan dan hal yang lain yang berkaitan dengan perizinan OSS.

Untuk memilih kode KBLI ada jenis kegiatan usaha yang tidak dapat dicampur/digabung dengan kode kbli yang lain. Dengan kata lain kode KBLI tersebut mempunyai kekhususan yaitu hanya bisa satu kode KBLI yang dapat dipilih. Hal ini dikenal dengan istilah KBLI single purpose dan sesuai dengan apa yang tercantum dalam pasal 15 ayat (1) huruf f  Peraturan BKPM Nomor 4 Tahun 2021 tentang Pedoman dan Tata Cara Pelayanan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko dan Fasilitas Penanaman Modal (PBKPM 4/2021)).

Untuk lebih jelasnya kami akan memberikan daftar kode dan jenis KBLI yang termasuk dalam kategori Single Purpose atau bidang usaha yang harus dipilih tanpa menggabungkannya/mencampurkannya dengan  kode kbli yang lain, dan terbagi ke dalam beberapa sektor yaitu:

Sektor Kesehatan:

Kode KBLI Judul KBLI
86103 Aktivitas Rumah Sakit Swasta

Sektor Pengangkutan

Kode KBLI Judul KBLI
50111 Angkutan Laut Dalam Negeri Liner untuk Penumpang
50112 Angkutan Laut Dalam Negeri Tramper untuk Penumpang
50113 Angkutan Laut Dalam Negeri untuk Wisata
50114 Angkutan Laut Dalam Negeri Perintis untuk Penumpang
50135 Angkutan Laut Dalam Negeri Pelayaran Rakyat
50144 Angkutan Laut Luar Negeri Pelayaran Rakyat
50211 Angkutan Sungai dan Danau Liner (Trayek Tetap dan Teratur) untuk Penumpang
52221 Aktivitas Pelayanan Kepelabuhanan Laut
52222 Aktivitas Pelayanan Kepelabuhanan Sungai dan Danau
52223 Aktivitas Pelayanan Kepelabuhanan Penyeberangan

Sektor Pengiriman

Kode KBLI Judul KBLI
52240 Penanganan Kargo (Bongkar Muat Barang)
52291 Jasa Pengurusan Transportasi (JPT)

Sektor Lembaga Penyiaran:

Kode KBLI Judul KBLI
60102 Penyiaran Radio oleh Swasta
60202 Aktivitas Penyiaran dan Pemrograman Televisi Oleh Swasta

Di dalam sistem Online Single Submission (OSS) Berbasis Risiko terdapat pemberitahuan /notifikasi jika kode KBLI yang kita pilh termasuk termasuk Single-Purpose  dengan format sebagai berikut :

Sumber: oss.go.id

Lebih lanjut ketika melakukan pengurusan perizinan berusaha maka sistem oss akan melakukan pemeriksaan terhadap kesesuaian terhadap bidang usaha yang telah dipilih dan menentukan pencocokan terhadap kode kbli/bidang usaha yang termasuk ke dalam single purpose.

Berdasarkan (Pasal 178 ayat (2) PBPKM 4/2021) setelah dilakukan pemeriksaan pada sistem OSS kemudian OSS akan menentukan insentif dan/atau fasilitas Penanaman Modal yang dapat diperoleh oleh Pelaku Usaha tersebut.

Jika sobat legal ingin membuat kontrak perjanjian ,pendirian Koperasi, PT, CV dan badan hukum lainnya  yang aman, cepat dan mudah maka segera hubungi kami di 0818 0811 7271..

Legalisasi.com jasa pendirian PT dengan syarat pembuatan PT yang mudah “One Stop Bussiness Solution

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch