EnglishIndonesian

Sosok Pengusaha Sukses Aplikasi Perikanan Efishery Gibran Huzaifah

LEGALISASI.COM

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Sobat legal didalam bisnis tentunya banyak tokoh yang dapat menginspirasi kita dalam melakukan kegiatan bisnis. Banyak pelajaran yang bisa diambil dari sosok pengusaha sukses atas keteladanan dan keuletan dalam menjalankan bisnisnya. Kali ini kita akan membahas Sosok pengusaha sukses dari dalam negeri ia adalah Gibran Huzaifah ,Pria ini merupakan lulusan Institut Teknologi Bandung dengan jurusan Biologi. Gibran bukanlah datang dari kalangan berada, dia dalam keseharian harus berhadapan dengan masalah keuangan di keluarganya. Orang tua Gibran hanya mampu membayar kuliah sang anak namun tidak dapat membiayai kehidupan sehari-hari.

Gibran bukanlah tipe orang yang pantang menyerah. Berbagai pekerjaan ia ambil untuk menghasilkan uang seperti mengerjakan soal tutorial online dari luar negeri, mengikuti berbagai ajang kompetisi hingga menjadi penyuplai sayuran ke sejumlah restoran di bandung dan beternak cacing demi hidup mandiri dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Ternyata dari sekian banyak pekerjaan yang dilakoninya tersebut menghasilkan peluang bisnis dan jalinan relasi yang cukup baik. di tahun ketiga berkuliah Gibran mengikuti kuliah praktek lapangan yang memberinya kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan petani, pembudidaya perikanan dan peternak.

Seperti sudah jalan takdir seorang dosen menyarankan gibran untuk menjalankan budidaya lele. Tanpa banyak keraguan Gibran menyewa sebuah kolam lele dengan ukuran 5 x 10 meter dengan harga sewa Rp.400.000/tahun di daerah bandung.

Dikarenakan berbekal ilmu otodidak dan tanpa pengalaman maka bisnis budidaya lele tidak berjalan dengan baik. Sebabnya ternyata banyak kendala yang harus dihadapi seorang diri seperti biaya pakan ikan,dimana biaya pakan ikan menghabiskan tiga perempat dari total biaya operasional. Hal ini merupakan tantangan bagi setiap petani dalam bisnis akuakultur pada umumnya.

Keadaaan ini tidak lantas menyurutkan langkah sang Gibran. Pada tahun 2012, Gibran menemukan sebuah solusi untuk masalah biaya pakan budidaya ikan yang disebut eFishery. Perangkat eFishery adalah solusi pakan cerdas untuk budidaya ikan dan udang, yang memungkinkan pemberian makan lewat mesin secara otomatis. Dengan alat ini, maka jumlah pakan yang diberikan untuk ikan dapat disesuaikan.

Sejak kehadirannya di tahun 2013, eFishery terus berkembang dengan inovasi berupa Smart Feeder, yaitu pemberi pakan otomatis yang juga mampu mencatat data pemberian bakan hingga pertumbuhan ikan. Akan tetapi eFishery tidak berhenti sampai di situ, eFsihery terus bertumbuh dan berusaha untuk menawarkan solusi untuk cakupan yang lebih besar lagi.eFishery telah berrevolusi menjadi sebuah perusahan Aquaculture Intelligence pertama di Indonesia. eFishery tidak hanya berinovasi menciptakan Smart Feeder, namun juga menjadi sebuah solusi untuk memecahkan masalah-masalah yang lebih besar di sektor Akuakultur secara terintegrasi dari hulu hingga ke hilir.

Menariknya lagi dengan berbekal kecanggihan teknologi maka aplikasi ini juga terhubung ke internet dan dapat dikontrol langsung dari smartphone atau laptop, kapan dan di mana saja. Dengan hadirnya teknologi tersebut, biaya pakan dapat ditekan hingga 25%, mengurangi biaya produksi sebesar 16% per kg, serta meningkatkan pertumbuhan rata-rata harian sebesar 15% per kg, sehingga tentu saja efisiensi produksi dapat tercapai sehingga meningkatkan keuntungan secara signifikan.

Atas hasil penemuan eFishery Gibran berhasil meraih berbagai prestasi, baik di tingkat nasional ataupun internasional seperti Mandiri Young Technopreneur Award 2012, Best of the Best Young Entrepreneur dari Kementerian Koperasi dan UKM 2013, Global Winner of Get in The Ring 2014 dalam Olympiad for Startup di Rotterdam, Slush Global Winner 2014 di Helsinki, Finalis Seedstars World Global 2015 di Jenewa, Seputar Indonesia Award 2015, Spark Fire Pitch on Global Entrepreneur Summit 2015 di Nairobi, dan Forbes 30 Under 30 Asia 2017. Akibat dari segudang prestasi tersebut, tak heran jika millenial satu ini menjadi salah satu nominator 7 Millenial Heroes.

Bagaimana sobat legal tertarik dengan bisnis perikanan, namun sebelum menjalankan bisnis usaha perikanan sebaiknya terlebih dahulu dilakukan pengurusan mengenai perizinan usaha perikanan agar masalah hukum tidak menjadi kendala di kemudian hari. Ingin konsultasi mengenai perizinan usaha di bidang perikanan segera hubungi kami di 0818 0811 72721.

Jika sobat legal ingin melakukan pendirian Koperasi, PT, CV dan badan hukum lainnya  yang aman, cepat dan  mudah maka segera hubungi kami di 0818 0811 7271.

legalisasi.com jasa pendirian pt dengan syarat pembuatan PT yang mudah “One Stop Bussiness Solution”

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Tata Cara Mendirikan Koperasi Sekolah

Sobat legal koperasi sebagai badan hukum dapat diperuntukkan di semua bidang usaha yang diperbolehkan oleh undang-undang. Mulai dari bidang usaha yang berbentuk jasa hingga produsen

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch