Strategi SEO Untuk Optimasi Marketplace

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Sobat legal strategi terbaik untuk meningkatkan penjualan adalah dengan berjualan di tempat yang ramai. Dimana di teknologi industri 4.0 posisi pasar tradisional secara garis besar telah beralih ke marketplace sebagai pasar yang terintegrasi secara online. Ada trik –trik tersendiri untuk dapat berjualan di marketplace dengan dibarengi peningkatan sales yang siginifikan.

Pasar seach engine merupakan salah satu cara mendatangkan traffiq atau keramaian ke dalam toko online. Sebagai seorang pengusaha harus kita harus menggencarkan omni channel dengan kata lain kita harus membuka banyak channel dalam strategi berjualan di dunia online. Dimana ada kanal-kanal yang menguntungkan bagi perusahaan maka harus ada kehadiran produk kita dalam setiap kanal tersebut.

Ada beberapa panduan di dalam menentukan strategi seo untuk marketplace, salah satu acuan yang dapat di jadikan pedoman dalam mencapai seo terbaik adalah piramida mozlows seo :

Dengan memenuhi tahapan seo ini maka diharapkan nanti penerapan strategi terhadap website perusahaan dan seo marketplace dapat berlaku maximal. Beruntungnya dengan kita menggandeng marketplace sebagai tempat berjualan maka otomatis seo toko online kita akan semakin terbantu karena ketika kita mengetikkan kata di kolom pencarian google maka tampilan marketplace selalu menempati posisi paling teratas. Hal penting yg harus kita perhatikan adalah bagaimana cara meningkatkan orderan pada marketplace karena ketika kita meningkatkan jumlah orderan di marketplace maka  secara otomatis kemungkinan toko kita muncul di seo google pada urutan pencarian teratas akan semakin besar. Lalu bagaimana caranya meningkatkan banjiran order di marketplace adalah:

Rumus banjir order marketplace adalah :

Ketiga unsur ini merupakan hal yang harus dipenuhi agar tercipta peningkatan sales di marketplace.

I. Traffiq pada marketplace terbagi kedalam 2 jenis yaitu :

  1. Traffiq dari dalam adalah bagiamana cara mendatangkan customer ke toko kita agar tercipta arus masuk melalui online ke toko kita di marketplace. Untuk meningkatkan traffiq di dalam marketplace maka kita harus rajin meriset pemberian judul produk yang sesuai dengan kata apa yang paling banyak dicari dalam marketplace. Kemudian kita harus memahami algoritma pencarian pada tiap-tiap marketplace yan tentunya algoritma pada masing-masing marketplace itu mempunyai caranya masing-masing. Lalu optimasi lain bisa dilakukan pada retargeting, kejar diskon dan rajinlah memainkan konten feed.
  2. traffiq dari luar adalah bagaimana cara mendatangkan customer ketoko kita yang arah datangnya berasal dari luar marketplace seperti instagram, tiktok, twitter, youtube, tumblr, pinterest dan platform sosial media lainnya.

II . Menarik adalah bagamana kita dapat membuat toko kita di marketplace menjadi semenarik mungkin untuk dikunjungi oleh customer. Caranya bisa dengan membuat dekorasi toko kita semenarik mungkin. Optimasi design pada banner toko ,susunan penataan produk dll.  Kemudian kita bisa menjaga reputasi toko agar memiliki peringkat terbaik dengan berbagai cara salah satunya kita dapat memaximalkan rating chat atas setiap pertanyaan yang diajukan ke toko kita. Lalu cara lain adalah dengan meningkatkan ulasan produk, barang terjual, aktif dalam chat diskusi produk, selalu memberikan promo cashback, optimasi gambar pada thumbnail pencarian produk dan yang tak kalah penting buatlah video yang semenarik mungkin untuk produk terbaik kita. Dengan adanya video maka secara tidak langsung customer akan mengetahui fungsi dan tampilan asli produk yang akan djual.

III. Trusted adalah bagaimana seni untuk meyakinkan customer terhadap produk kita sehingga customer tidak ragu lagi untu membeli produk kita. Hal ini bisa kita wujudkan dengan mangoptimasi presentase chat dibalas, jumlah produk terjual dan ulasan produk yang maximal. Dalam dunia online testimoni merupakan hal terpenting sebagai penguat dan sebagai data pendukung bahwa produk kita merupakan produk yang terbaik dan terbagus atas dasar rekomendasi orang lain. Hal ini dikarenakan customer tidak dapat melihat, menyentuh barang atau produk yang ditawarkan. Sehingga testimoni atau ulasan produk merupakan data penguat bagi customer untuk memutuskan membeli produk kita.

Selain hal tersebut diatas perlu juga kita pahami cara kerja pencarian google. Cara kerja google adalah dengan 3 tahapan yaitu Crawling, Indexing dan Ranking. Dengan sistem kerja tersebut maka dalam penentuan judul dan deskiripsi pada produk di marketplace yang tepat akan terintegrasi dengan mesin pencarian google. Penentuan kata kunci yang tepat pada produk yang diterapkan pada judul dan deskripsi akan meningkatkan kemungkinan produk kita muncul di mesin pencarian google.

Kami akan memberikan contoh cara penamaan Produk sebagai judul di marketplace :

Rumus untuk juduk yang baik adalah : kata kunci + merek + keterangan (model/pola tipe atau warna)

Contoh :

Kulit rumput laut untuk dimsum sushi nori isi 100 lembar

Mari kita bongkar judul ini dan kita sesuaikan :

  1. kata kunci : kulit rumput laut untuk dimsum
  2. merek : sushi nori
  3. keterangan : isi 100 lembar

Bagaimana sobat legal mudah untuk dipahami bukan….nah sekarang silahkan sobat legal kreasikan sendiri judul yang sesuai dengan rumus diatas untuk produk yang akan dijual. selamat mencoba…!

Jika sobat legal ingin melakukan pendirian PT yang aman, cepat dan  mudah maka segera hubungi kami di 0818 0811 7271.

legalisasi.com jasa pendirian pt dengan syarat pembuatan pt yang mudah “One Stop Bussiness Solution”.

 

 

 

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Panduan Lengkap Terbaru Cara Pendirian CV 2021

Suatu Bisnis tentunya membutuhkan suatu rasa kepercayaan yang tinggi baik itu terhadap produk maupun layanan yang diberikan terhadap customer. Berbagai cara dilakukan perusahaan untuk meningkatkan

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

× Tanya