EnglishIndonesian

Tips Belajar Coding Untuk Pemula

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Sobat legal di era industri 4.0 ini keahlian di bidang software development sangatlah dibutuhkan. Hampir tiap saat bermunculan aplikasi baru baik itu dalam bentuk smartphone maupun dalam halaman website. Sebut saja aplikasi cloud kitchen yang memudahkan pelaku pengusaha kuliner untuk mendistribusikan produk makanan mereka kepada end user dan masih banyak aplikasi lainnya yang terus berkembang di dalam dunia internet.

Namun di balik itu semua ada suatu sistem yang dibuat untuk dapat mengendalikan sebuah aplikasi sehingga mudah digunakan bagi masyarakat pada umumnya. Sitem ini dikenal dengan istilah coding yang keilmuannya  kerap melekat pada seorang programmer atau software developer. Untuk pembelajaran mengenai coding ini sangatlah mudah untuk dijalani. di Internet sudah tersedia banyak media pembelajaran baik online maupun offline. Menariknya coding ini tidak hanya diminati oleh orang dewasa namun juga diminati oleh remaja dan anak-anak.

Popularitas terhadap coding tidak dapat di elakkan. Hal ini membuat keterampilan dalam coding merupakan suatu hal yang dapat dipertimbangkan secara prioritas bagi para rekruiter. Jadi pilihan profesi sebagai Android developer atau web developer menjadi suatu karier menjanjikan di masa mendatang.

Jika sobat legal ingin memulai menjadi seorang programer pemula maka sobat legal dapat menyimak beberapa tips dalam memahami ilmu coding di bawah ini :

CODING DAN BAHASA PROGRAM

Coding adalah salah satu tindakan dari berbagai langkah-langkah pemrograman dengan menuliskan kode atau skrip dalam bahasa pemrograman.  menurut Ricko En. Coding merupakan salah satu dari langkah langkah pemrograman, Coding yaitu menerjemahkan persyaratan logika dari suatu pseudocode (diagram alur) ke dalam suatu bahasa pemrograman, baik huruf, angka dan simbol yang membentuk sebuah program.

Bahasa program itu sendiri terdiri dari sekumpulan aturan sintaks dan semantik dengan tujuan untuk mendfinisikan program baik itu yang berbentuk aplikasi ,sfotware maupun web agar suatu sistem dapat berjalan dengan baik.

Adapun materi yang harus dipelajari untuk belajar coding sebagai seorang pemula adalah pemahaman bahasa pemrograman yaitu

  1. PHP

PHP adalah bahasa scripting server side, bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan situs web statis atau situs web dinamis atau aplikasi web. PHP singkatan dari Hypertext Pre Processor yang sebelumnya disebut Personal Home Pages.

  1. C

Bahasa pemrograman C adalah sebuah bahasa pemrograman komputer yang bisa digunakan untuk berbuat berbagai aplikasi(general purpose programming languange).

  1. Java

Java adalah sebuah bahasa pemrograman dasar dalam sebuah pembuatan aplikasi, Java juga merupakan bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer ataupun berbagai smartphone.

  1. C++

Dilansir pada laman wikipedia Bahasa progam C++ adalah bahasa pemrograman komputer yang dibuat oleh seorang warga negara asing Bjartrup Stroustrup yang merupakan perkembangan dari bahasa C yang dikembangkan di suatu labs yang bernama Bell Labs oleh seorang ilmuwan komputer Dennis Ritchie.

  1. Pyton

Pyton adalah salah satu bahasa pemrograman yang dapat melakukan eksekusi sejumlah instruksi multi guna secara langsung (interpretatif) dengan metode orientasi objek. Pyton dibuat oleh programmer Belanda bernama Guido Van Rossum.

  1. Javascript

Javascript adalah suatu bahasa kode atau pemrograman yang digunakan untuk menciptakan sekaligus mengendalikan konten website agar menjadi dinamis.

  1. C# (Csharp)

Merupakan sebuah bahasa pemrograman yang berorientasi objek yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari inisiatif kerangka.

  1. Visual Basic

Merupakan bahasa pemrograman yang bersifat event driven dan menawarkan Integrated Development Environment (IDE) dengan menggunakan model pemrograman Common Object Model (COM).

Berbagai hal di atas akan berguna sesuai dengan kebutuhan akan jenis program yang akan dibuat, sebagai contoh : jika kita hendak merancang aplikasi android maka seorang developer akan menggunakan bahasa program Java. Contoh lain : jika seorang developer ingin membangun aplikasi IOS maka seorang developer akan menggunakan bahasa program Swift.

MANFAAT BELAJAR CODING

Belajar Coding tentunya akan sangat memberikan manfaat yang baik bagi seorang developer. Berikut adalah berbagai manfaat untuk belajar coding bagi seorang developer :

  1. menciptakan sebuah aplikasi yang dapat mengubah dunia.

Mark Zuckenberg merupakan seorang programmer yang menyenangi akan dunia komputer dan internet. Berkat skill coding yang dimilikinya dan visi misi yang dimilikinya maka sebuah aplikasi facebook tercipta dimana dalam aplikasi tersebut terjalin suatu interaksi pertemanan secara global dan terjalin suatu media sosialisasi miliaran orang di dunia melalui aplikasi yang dibuatnya. Di dalam negeri juga tercipta suatu aplikasi karya anak bangsa yang memberikan sumbangsih besar untuk peningkatan perekonomian bangsa Indonesia. Aplikasi tersebut adalah Gojek. Gojek yang semula hanya berupa aplikasi untuk transportasi dengan alat angkut sepeda motor hingga sekarang berkembang menjadi aplikasi dengan layanan pesan antar makanan dan logistic kirim barang. Malahan baru –baru ini Gojek melakukan merger dengan Tokopedia sebagai salah satu aplikasi marketplace terbaik di Indonesia.

  1. pekerjaan dapat dilakukan secara remote

Ya benar sobat legal pekerjaan sekarang ini dapat dilakukan tanpa kehadiran karyawan di kantor. Dengan berbagai aplikasi pendukung maka pekerjaan dapat dikerjakan di mana saja. Hanya cukup dengan sebuah laptop dan jaringan internet maka wushhhh….pekerjaan besar dapat diselesaikan dalam waktu singkat dan mudah.

TEMPAT BELAJAR CODING

Sobat legal untuk belajar coding banyak lembaga kursus yang menyediakan layanan ini baik secara online maupun offline. Terdapat puluhan lembaga kursus coding berbayar yang memberikan materi pembelajaran coding secara komprehensive baik untuk usia anak-anak hingga dewasa. Namun jika sobat legal ingin memahami coding tanpa mengikuti kursus online dan menempuh cara otodidak maka tersedia juga banyak sumber di dunia internet. Berikut adalah tempat/referensi untuk kita agar bisa belajar coding secara otodidak :

  1. Ebook

dalam dunia online ebook merupakan  salah satu metode untuk mencari sumber referensi dan pembelajaran. Banyak sekali ebook yang membahas pengembangan aplikasi web, desktop, ataupun mobile dengan harga yang sangat terjangkau. Cukup mudah untuk menemukan ebook ini di google. Sobat cukup mengetikkan “ebook belajar android studio” pada kolom pencarian google.

  1. Laman Website

Beberapa halaman website di internet juga banyak yang menyediakan pembelajaran tentang web development yaitu :

  1. Codeacademy
  2. W3School
  3. Freecodecamp
  4. Coursera
  5. Udemy 
  1. Youtube

Ya Sobat legal siapa yang tidak pernah menonton youtube. Di Youtube bertebaran konten pembelajaran mengenai coding baik dari level pemula/beginner sampai level advanced. Sobat legal cukup ketikkan kata “learn Coding” pada kolom pencarian youtube maka bermunculan konten-konten mengenai Coding di scroll pagenya.  Atau sobat legal juga bisa secara langsung mengunjungi kanal youtube Thenewboston , Derek Banas, Sekolah Coding, Dicoding Indonesia dan Codepolitan. Materi yang diberikan oleh mereka sangat user friendly bagi para penontonnya.

HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL CODING.

Bagi  sobat legal yang sudah menciptakan codingnya sendiri jangan lupa untuk mendaftarkan hak intelektual atas ciptaan codingnya pada Dirjen Hak Atas kekayaan Intelektual. Sebab jika tidak kamu daftarkan maka ada kemungkinan source code yang ada dalam bahasa pemrograman mu bisa ditiru atau diambil oleh orang lain.

Hal ini sesuai sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah nomor 82 tahun 2012 tentang penyelenggaraan sistem dan transaksi elektronik (PP PSTE). Source code sebagaimama penjelasan pasal 8 ayat (1) PP PSTE :

“ Suatu Rangkaian perintah, pernyataan dan atau deklarasi yang ditulis dalam bahasa pemrograman komputer yang dapat di baca dan dipahami orang”

Kemudian berdasarkan pasal 40 ayat (1) huruf s Undang-undang nomor 28 tahun 2014 tentang hak cipta (UU Hak Cipta) program komputer juga termasuk ke dalam ciptaan yang dilindungi

Oleh sebab itu hak cipta source code yang dibuat oleh programmer pada dasarnya adalah milik penciptanya (programmer itu sendiri).

Lebih lanjut berdasarkan Pasal 25 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (“UU ITE”) sebagaimana yang telah diubah oleh Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (“UU 19/2016”) yang menyebutkan bahwa:

 “Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang disusun menjadi karya intelektual, situs internet, dan karya intelektual yang ada di dalamnya dilindungi sebagai Hak Kekayaan Intelektual berdasarkan ketentuan Peraturan Perundang-undangan”

Baiklah sobat legal demikianlah penjelasan mengenai belajar coding bagi pemula beserta dasar hukumnya. Jika sobat legal ingin mendaftarkan HAKI atas ciptaan codingnya dapat menghubungi kami di 0818 0811 7271 . “terima kasih salam sukses sobat legal”

Jika sobat legal ingin melakukan pendirian Koperasi, PT, CV dan badan hukum lainnya  yang aman, cepat dan  mudah maka segera hubungi kami di 0818 0811 7271.

legalisasi.com jasa pendirian pt dengan syarat pembuatan PT yang mudah “One Stop Bussiness Solution”

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch