Tips Membangun Digital Branding Terhadap Suatu Produk atau Jasa – Legalisasi
EnglishIndonesian

Tips Membangun Digital Branding Terhadap Suatu Produk atau Jasa

LEGALISASI.COM

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Branding terhadap suatu produk atau jasa harus terus dilakukan. Hal ini dalam upaya untuk membangun loyalitas pelanggan terhadap produk atau jasa kita. Membangun Branding sama halnya dengan membangun image. Dalam dunia digital maka image akan dibangun dalam dunia maya. Image sebaiknya dibentuk mengikuti pola-pola yang dicari oleh masyarakat luas. Untuk itu diperlukan strategi dan konsep-konsep yang sesuai dengan digital branding.

Dengan membangun digital banding maka secara otomatis akan terjadi peningkatan dalam jumlah penjualan. Perlu dicermati bahwa digital branding berbeda dengan marketing walaupun didalam pelaksanaannya kedua faktor tersebut saling berkaitan erat. Untuk lebih jelasnya mari kita simak perbedaan antara branding dan marketing :

BRANDING MARKETING
Branding is way Marketing is how
Branding is long term Marketing is short term
Branding is Macro Marketing is micro
Branding defines trajectory Marketing defines tactic
Branding builds loyalty Marketing generate responsive
Branding creates value Marketing extracts value
Branding is the being Marketing is the doing

 

Diperlukan kreativitas yang tinggi untuk meningktakan digital branding sebuah perusahaan kepada masayarakat luas. Dengan kekuatan digital branding maka nilai-nilai terhadap produk dan atau jasa akan melekat dibenak pikiriran konsumen.

Apa itu digital branding? Secara singkat digital branding adalah  identitas merek yang digunakan suatu produk atau perusahaan secara online dibangun secara digital untuk meningkatkan citra perusahaan di dunia maya.Mengapa harus digital? Karena saat ini dunia digital telah berkembang sangat pesat dibandingkan beberapa waktu lalu. Terlebih di industri 4.0 ini dunia digital hampir mencakup seluruh aspek kehidupan masyarakat bahkan belanja sayur saja yang notabene dilakukan di pasar dan gerobak sekarang transaksinya dan pengirimannya dilakukan melalui online

Konsep  dasar dari sebuah digital branding adalah untuk membangun kedekatan dan ikatan dengan para pelanggan baik itu pelanggan yang berada di cold market atu hot market.

Keberhasilan dalam membangun branding secara digital akan membawa dampak baik bagi perusahaan atau brand. Salah satunya adalah peningkatan angka penjualan. Faktanya, digital marketing juga menjadi salah satu strategi untuk membangun branding di dunia digital.

Ada 8 jenis strategi digital branding Indonesia. Simak dan pahami semua strategi di bawah ini, kemudian Anda dapat mengaplikasikannya pada bisnis secara langsung.

1.Logo

Logo adalah salah satu hal penting bagi sebuah perusahaan atau usaha Anda. Dengan adanya logo mampu mencerminkan sebuah identitas dari perusahaan itu sendiri agar lebih dikenal banyak orang, oleh karena itu membangun brand adalah hal yang penting dalam memulai bisnis. Meskipun ada sebagian logo yang tidak mewakili dari identitas perusahaan, akan tetapi kebanyakan logo yang ada biasanya didesain berdasarkan filosofi yang terkandung di dalamnya.

Sebagai contoh logo alfamart yang berbentuk huruf A berwarna merah. Logo dengan desain simpel ini ternyata memberikan identitas yang cukup jelas bagi customer apabila mereka melihat logo toko dari kejauhan. Dari kejauhan customer dapat dengan mudah mencirikan nama dan logo toko tersebut.

Hal terpenting dalam pembuatan logo adalah gaya desain yang sederhana dan mudah diingat. Sedangkan hal lain yang juga perlu dipertimbangkan antara lain ukuran dan pemilihan warna.

 

2.Website

Website ibarat toko dalam dunia maya yang fungsinya sebagai etalase untuk memamerkan produk. Di website kita dapat membangun branding dengan cara memaximalkan fitur-fitur yang ada dalam website. Penjelasan produk dan keunggulan produk dapat ditonjolkan dalam tampilan halaman website. Website dengan penerapan user friendly dapat membantu customer untuk menjelajah  website perusahaan secara mudah.

Anda juga perlu membeli nama domain seperti .org. .net, .id, atau .com supaya lebih profesional. Pastikan nama domain belum dimiliki oleh orang lain. Jika sudah dimiliki oleh orang lain maka segera ganti nama yang diinginkan

Untuk domain dengan nama domain .co.id maka kamu perusahaan kamu harus berbentuk PT. Karena domain.co.id dikhususkan bagi perusahaan – perusahaan yang bisa menunjukkan bukti-bukti legalitas seperti SIUP atau NPWP ditambah Akta Notaris.

Jika kamu ingin mendirikan PT supaya alamat website kamu bisa co.id maka kamu bisa melakukan pendirian pt di Legalisasi.com. segera hubungi kami di 0818 0811 7271

3.Brand Messaging

Brand messaging adalah apa yang ingin bisnis Anda sampaikan ke calon pelanggan. Misalnya, jika Anda membuka sebuah rumah makan seafood dengan kualitas ikan yang segar maka sebaiknya Anda menyebutkannya di brand message. Pesan atau message yang Anda sampaikan harus sesuai dengan apa yang bisnis Anda lakukan dan misi bisnis Anda.

Brand messaging berguna untuk menyampaikan apa yang menjadi nilai utama dari bisnis Anda. Pesan tersebut wajib memuat tiga hal, yaitu produk yang ditawarkan oleh brand, hal yang diperjuangkan brand, dan pentingnya brand tersebut bagi masyarakat umum.

 

4.SEO

SEO bertujuan untuk menempatkan sebuah situs pada posisi teratas pada sebuah mesin pencari berdasarkan kata kunci tertentu. Dengan demikian bila suatu situs atau blog berada posisi teratas dalam hasil pencarian maka memiliki peluang yang besar untuk didatangi pengunjung

Dengan menerapkan kata keyword yang tepat maka perusahaan atau produk dan jasa yang akan ditawarkan akan muncul di kata kunci pencarian orang-orang.

 

5.Social media

Iya betul siapa hari gini yang tidak menggunakan social medianya untuk berinteraksi dengan teman kerabat atau masyarakat pada umumnya. Sebut saja twitter, instagram, youtube, tiktok dll yang pasti terinstall di setiap perangkat smartphone yang anda miliki. Di sosial media tersebut digital branding merupakan kunci utama agar produk atau jasa kita semakin dikenal oleh masyarakat.

 

6.Email marketing

Email merketing dilakukan setelah kita melakukan client list building. Setelah anda mendata client beserta kontak emailnya lalu pastikan bahwa daftar yang Anda miliki berisi email pelanggan yang aktif. Jangan takut untuk menghapus beberapa pelanggan yang sudah tidak aktif atau jarang berinteraksi dengan bisnis Anda.

7.Online advertising

Berbicara tentang Digital Branding maka ada yang sifat penerpannya secara organik atau berbayar. Jika anda memilih metode bebrbayar maka anda bisa mengiklankan produk atau jasa anda melalui facebook ads, instagram ads, tiktok ads dengan tetap menjaga image/brand sebuah perusahaan.

8.Influencer marketing

Di timeline sosial media seringkali kita lihat selebgram atau artis yang menampilkan sebuah produk yang menurut dia bagus dan nyaman untuk digunakan. Artis selebgram atau influencer tersebut dibayar oleh suatu perusahaan untuk menampilkan produk atu jasa mereka. Hal tersebut lebih dikenal dengan paid promote atau endorsement. Hal ini juga merupakan salah satu cara membangun digital branding sebuah produk atau jasa. Sesuaikan profil influencer atau selebgram dengan image produk atau jasa yang kita tawarkan

Itulah pembahasan terkait pengertian dan strategi digital branding yang perlu sahabat Qwords ketahui. Selain ulasan di atas, sebenarnya masih ada hal-hal lain yang bisa diterapkan untuk memperkuat branding di ranah digital. Akan tetapi, strategi di atas sudah cukup untuk mulai memperkenalkan produk atau brand ke calon pelanggan.

Jika sobat legal ingin melakukan pendirian Koperasi, PT, CV dan badan hukum lainnya  yang aman, cepat dan  mudah maka segera hubungi kami di 0818 0811 7271.

legalisasi.com jasa pendirian pt dengan syarat pembuatan PT yang mudah “One Stop Bussiness Solution”

 

 

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

6 Bisnis Sukses Yang di lakoni Baim Wong

Artis yang satu ini tidak pernah luput dari pemberitaan media. Artis yang bernama asli Muhammad Ibrahim atau biasa dikenal Baim wong selalu menjadi topik yang

Sejarah Inspiratif Bursa Efek Indonesia

Sobat legal sejarah munculnya Bursa Efek Indonesia mempunyai catatan yang cukup panjang di Indonesia. Berdasarkan fakta sejarah  bahwa pasar modal telah hadir sebelum kemerdekaan Indonesia

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch